Uncategorized

PERCEPATAN INFRASTRUKTUR, PJ BUPATI HSS DAN PUPR KALSEL TINJAU PEMBANGUNAN JALAN STRATEGIS

Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Drs. H. Hermansyah, MM, bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan, Ir. Ahmad Solhan, ST., MT, melakukan peninjauan langsung terhadap rencana pembangunan jalan yang menghubungkan Daha Barat (HSS) dan Margasari (Tapin). Peninjauan tersebut berlangsung di Desa Bajayau Tengah, Kecamatan Daha Barat, pada Senin (20/05/2024).
Acara ini turut dihadiri oleh para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten HSS, para Kepala Bagian Setda Kabupaten HSS, Camat Daha Barat, Daha Utara, Daha Selatan, serta Kepala Desa Bajayau. Peninjauan ini merupakan langkah awal dalam upaya meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas antar kabupaten yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Kadis PUPR Provinsi Kalsel, Ahmad Solhan, mengatakan bahwa pihaknya melaksanakan peninjauan terkait rencana jalan penghubung Nagara-Margasari atas arahan Gubernur Kalsel dan usulan dari Pj Bupati HSS. “Hari ini kita dari PUPR Provinsi turun langsung ke lapangan untuk melihat kondisinya. Nanti pada perubahan anggaran, kita akan buatkan DED (Detail Engineering Design) dan selanjutnya di tahun 2025 akan dianggarkan,” ucapnya.
Beliau juga menambahkan bahwa dari hasil peninjauan tersebut, pembangunan jalan Nagara-Margasari perlu dilakukan untuk meningkatkan konektivitas dari HSS menuju Tapin yang akan memotong jarak dan waktu perjalanan. “Kalau dilihat tadi, sekitar 3,5 KM ini akan efektif kalau menempuh jalan dari Nagara ke Banjarmasin melalui rencana jalan ini,” jelasnya.

Sementara itu, Pj. Bupati HSS, H. Hermansyah, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dinas PUPR Provinsi Kalsel karena langsung turun ke wilayah Daha Barat untuk melihat rencana jalan yang akan diusulkan pada tahun 2025, serta akan menyusun DED-nya di tahun 2024.
Beliau juga menyatakan bahwa nantinya jalan ini akan membuka akses yang mempermudah Masyarakat Daha, baik itu dari sektor pertanian, perikanan, perkebunan, dan akan mengembangkan daerah Nagara Daha menjadi lebih maju lagi.
“Mudah-mudahan rencana jalan Nagara-Margasari ini bisa terealisasi tahun ini berkat dukungan dari PUPR Provinsi dan Gubernur Kalsel yang selalu menekankan pentingnya konektivitas jalan,” harap Beliau.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *