Uncategorized

PJ. BUPATI HSS SIAP DUKUNG DAN SUKSESKAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TAHUN 2024

Pendidikan bukan hanya tentang transfer pengetahuan dan keterampilan kepada para pelajar, tetapi juga bertujuan untuk membentuk karakter dan nilai-nilai yang akan membimbing pelajar dalam kehidupan sehari-hari. Selaras dengan hal tersebut maka terciptalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).
Program P5 bertujuan untuk menggali, memahami, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari para pelajar. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia bukan hanya semata-mata sebagai teori, tetapi juga sebagai panduan moral yang harus tercermin dalam sikap, tindakan, dan keputusan setiap individu.
Menunjang keberhasilan program P5 tersebut maka diperlukan hubungan dan sinergi yang kuat antara tenaga pendidik dan pemimpin, maka oleh sebab itu hari ini Senin (22/04/2024), Pj. Bupati HSS Drs. H. Hermansyah, MM, menerima kunjungan dari guru SMAN 1 Kandangan Wahyu Hidayatullah, S. Pd, Isda, S. Pd, Isna Hayati, M.Pd, bertempat di Ruang Kerja Bupati HSS.

Dalam kesempatan itu para guru SMAN 1 Kandangan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pj. Bupati HSS yang telah menerima kunjungan mereka dengan sangat baik.
“Tentunya ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami, karena bisa bersilaturahmi dan bertemu serta berdialog langsung dengan bapak Pj. Bupati HSS”, ucapnya.
Lebih lanjut Wahyu Hidayatullah, S. Pd yang memimpin langsung kunjungan tersebut menyampaikan terkait kedatangan mereka hari ini juga bertujuan untuk mengundang Pj. Bupati HSS dalam pelaksanaan program P5 yang akan digelar dalam waktu yang akan datang.
“Program P5 ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh SMAN 1 Kandangan, dan Program P5 ini juga merupakan implementasi dari penerapan Kurikulum Merdeka. Yang mana siswa dan siswi kelas XI sampai dengan kelas XII diharuskan menyelesaikan 7 Tema dalam bentuk karya”, tuturnya.
Sementara itu Isda, S. Pd, dalam kesempatan tersebut menambahkan bahwa dari 7 Tema yang disebutkan oleh Wahyu Hidayatullah itu, Tahun 2024 ini meliputi “Kearifan Lokal, Gaya Hidup Berkelanjutan, dan Bhineka Tunggal Ika”.
“Dalam Tema “Kearifan Lokal”, kita memanfaatkan masakan dan seni budaya yang ada di Kabupaten HSS, untuk Tema “Gaya Hidup Berkelanjutan”, kita memanfaatkan produk yang diproses secara daur ulang dan menjadi barang yang berguna, kemudian Tema “Bhineka Tunggal Ika”, adalah menyangkut tentang keberagaman”, tambahnya.
Sementara itu Isna Hayati, M.Pd, juga menyampaikan bahwa sinergi yang kuat dengan Pemerintah Kabupaten HSS ini merupakan faktor yang sangat penting dalam kesuksesan pelaksanaan program P5 ini.
“Rencananya P5 ini akan kita laksanakan pada Tanggal 22 Mei Tahun 2024 ini. Tentunya kita berharap pelaksanaan pada tahun ini berlangsung lebih meriah lagi dari tahun-tahun sebelumnya”, tuturnya.
Mendengar hal tersebut Pj. Bupati HSS Drs. H. Hermansyah, MM, menyambut baik dan siap mendukung pelaksanaan program P5 yang akan digelar SMAN 1 Kandangan. Selain itu Pj. Bupati HSS juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada guru SMAN 1 Kandangan yang memiliki semangat besar dalam melaksanakan dan mensukseskan program P5 ini.
(KOMINFOHSS/MKS/2024)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *