Uncategorized

PERINGATAN HARI KARTINI KALSEL 2024 : PENJABAT KETUA TP. PKK HSS IKUT GERAKAN TANAM POHON

Ribuan wanita dari berbagai elemen masyarakat, pagi tadi secara beramai-ramai memenuhi area Taman Kota Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel untuk serempak melakukan penanaman pohon. Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Kehutanan Prov. Kalael ini dikemas dalam kegiatan “Menanam Pohon Bersama Acil Odah”. Kegiatan untuk memperingati Hari Kartini 2024 ini juha diikuti langsung oleh Penjabat Ketua TP. PKK Hulu Sungai Selatan (HSS), Hj. Rusnawati Hermansyah, SE. (Senin, 22/04).

Dari keterangan yang disampaikan oleh Kadis Kehutanan Prov. Kalsel, Ir. Fatimatuzzahra, ST, MT , kegiatan ini sebagai langkah unik dan berbeda yang dilakukan dari peringatan Hari Kartini sebagaimana biasanya.
“Ini sebagai gambaran bahwa kaum perempuan bisa bergerak dalam penghijauan banua. Dan eksistensi perempuan sangat diperlukan untuk mendukung pria dalam kegiatan lingkungan” ungkapnya.
Ditambahkannya bahwa kegiatan ini dilakukan dengan penanaman 2500 pohon Eucaliftus, dimana di lokasi hari ini ada 1000, sisanya sudah ditanam beberapa waktu sebelumnya.

Secara simbolik kegiatan penanaman pohon ini diawali oleh Ketua TP. PKK Provinsi Kalsel, Hj. Raudhatul Jannah, M. Kes yang sering disapa dengan julukan “Acil Odah”, yang juga merupakan istri Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor.
Sementara itu Ketua TP. PKK HSS yang hadir sebagai undangan utama bersama para istri Bupati se-Kalsel, sangat berkesan dengan kegiatan ini.
“Kegiatan hari ini sangat menarik dan ramai, dan ini bukti bahwa perempuan bukan hanya bisa berbicara tapi juga berkarya, terutama sumbangsih untuk melestarikan lingkungan hijau” ungkap Hj. Rusnawati.

Uniknya, selain kegiatan penanaman pohon, acara peringatan Hari Kartini 2024 Provinsi Kalsel ini juga diisi dengan penampilan para Acil-Acil Banjar. Antara lain ada Acil Kambang yang ikut lomba merangkai kembang melati, dan yang paling heboh tentu saja adalah para Acil Jukung dalam berbalas pantun, yang langsunh didatangkan dari komunitas para pedagang Pasar Terapung, Lok Baintan Kalsel. Turut diserahkan pula beberapa penghargaan untuk para perempuan berjasa dan berprestasi se-Kalsel.
(Kominfo-HSS/AJP/22042024).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *