Uncategorized

UPAYA ANTISIPASI POTENSI BENCANA, PEMKAB HSS GELAR RAKOOR KESIAPSIAGAAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM

Sebagai bentuk langkah upaya pencegahan dan penanggulangan bencana, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten HSS melaksanakan Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana.
Rapat koordinasi tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP, didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H. Zulkifli, S.Sos, M.AP, dan Kepala BPBD Kabupaten HSS Kusairi, S.Sos, M.I.P.
Adapun upaya kesiapsiagaan penanggulangan bencana yang dibahas pada rapat koordinasi hari ini adalah bencana banjir, tanah longsor, serta angin puting beliung/angin kencang.

Dalam laporannya Kepala BPBD Kabupaten HSS Kusairi, S.Sos, M.I.P, menyampaikan bahwa BPBD Kabupaten HSS telah melaksanakan beberapa upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam di Kabupaten HSS.
“Mulai dari pemetaan daerah rawan bencana, rencana evakuasi, serta melaksanakan rapat koordinasi. Selanjutnya kami juga mensosialisasikan dan menyebarluaskan informasi bencana dan peringatan dini di media sosial, selain itu kami juga mengoptimalkan koordinasi dengan seluruh pihak, kami juga menyiapkan SDM serta peralatan perlengkapan, logistik, jalur evakuasi, posko induk yang dilengkapi dengan tempat perawatan sementara, serta menyiapkan penetapan status siaga darurat bencana hidrometeorologi”, lapornya.
Selain itu, Kepala BPBD Kabupaten HSS juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten HSS agar tetap waspada dan siap siaga dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP, dalam wawancaranya menuturkan bahwa Pemerintah Kabupaten HSS menyatakan selalu siap siaga dalam mengantisipasi dan menanggulangi bencana alam.
Lebih lanjut Sekretaris Daerah Kabupaten HSS juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah bersinergi dengan sangat baik dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam di Kabupaten HSS.
Rapat koordinasi juga turut diikuti oleh Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten HSS, Camat se-Kabupaten HSS, pihak TNI Polri, perwakilan Kerukunan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Kabupaten HSS.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *