Uncategorized

TINGKATKAN INFORMASI TENTANG POLA ASUH DAN PEMBINAAN ANAK, TP. PKK KAB. HSS GELAR PENYULUHAN

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Hulu Sungai Selatan (TP. PKK Kab. HSS) gelar Penyuluhan Pola Asuh Anak Dalam Keluarga, Pembinaan Anak dan Remaja (PAR), dan Pusat Informasi Konsultasi (PIK) Keluarga, Rabu (21/06) di Pendopo Kab. HSS.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua TP. PKK Kab. HSS Hj. Isnaniah Achmad Fikry. Beliau menghimbau kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama dan dengan sebaik-baiknya.
“Jika terdapat hal-hal yang kurang jelas, maupun kemungkinan hambatan yang berpotensi terjadi, agar dapat ditanyakan dan di diskusikan bersama guna dicari jalan keluarnya sehingga tujuan dari penyuluhan ini dapat tercapai,” ucap Beliau.
Beliau menjelaskan bahwa pola asuh anak adalah suatu proses yang ditujukan untuk meningkatkan serta mendukung perkembangan fisik, emosional, sosial, finansial, dan intelektual seorang anak, dimana pola asuh ini dimulai sejak bayi hingga remaja dan beranjak dewasa. Pola asuh ini akan mempengaruhi kepribadian dan karakter anak di masa mendatang.

Wakil Ketua I TP. PKK Kab. HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad, menyampaikan peserta yang mengikuti penyuluhan ini berjumlah 100 orang. Adapun kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah Penyuluhan Pola Asuh Anak Dalam Keluarga dengan 2 materi, yaitu Pola Asuh Anak dan Remaja Dalam Keluarga serta Pola Asuh Anak di Era Digital dengan menghadirkan 2 narasumber dari Psikolog Anak dan Dinas PPKBPPPA.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Pola Asuh Anak dan Remaja oleh Psikolog Anak Santi Andriyani, S.Psi, M.Psi. Dalam penyampaian materi disampaikan terkait hal-hal tentang peran orang tua dalam pola asuh anak dan remaja, peran ayah dalam perkembangan karakter anak, fungsi keluarga dalam menerapkan pola pengasuhan anak, dan jenis-jenis pola asuh orang tua.

Adapun materi tentang Pola Asuh Anak di Era Milenial dari Dinas PPKBPPPA disampaikan oleh Kabid PPPA Hj. Nani Trisnawati, S.Kep, MM. Dalam penyampaian materi yang berkaitan dengan era digital, manfaat dan risiko penggunaan teknologi digital, peran orang tua dalam mendidik anak di era digital, serta penggunaan perangkat dan media digital dengan tepat.
(Kominfo-HSS/Agtf/21062023)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *