Uncategorized

MANTAN KADES ULANG SEGERA AKAN DILANTIK SEBAGAI KETUA DAD HSS

Sebagai salah satu daerah yang memiliki masyarakat adat Suku Dayak di Kalimantan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) selalu memperhatikan dan mendukung berbagai kegiatan adat yang dilaksanakan. Hal ini sebagai komitmen untuk melestarikan adat serta kearifan lokal agar tetap terjaga sebagai salah satu kekayaan budaya. Berbagai kegiatan adat khususnya untuk warga Dayak Loksado selalu didukung dan difasiltasi oleh pemerintah daerah. Pagi ini Bupati HSS, Drs. H. Achmad Fikry, M.AP kembali menerima kedatangan perwakilan warga Dayak Loksado di ruang kerjanya. (Selasa, 20/06).

Kedatangan perwakilan warga Dayak Loksado yang menghadap Bupati pagi ini disambut dengan ramah serta diselingi dengan gurauan disela-sela pembicaraan. Rombongan ini sendiri dipimpin oleh Kepala Desa Kamawakan, Ardani. Menurut Ardani saat ditanya seusai menghadap, maksud kedatangan dirinya bersama beberapa warga Dayak adalah dalam ranngka melaporkan sekaligus minta dukungan sehubungan rencana akan dilaksanakannya pelantikan Pengurus Daerah Dewan Adat Dayak (DAD) HSS.
“Kami sangat berterima kasih sekali kepada pak Bupati yang telah menyambut baik maksud dan tujuan kami. Dan beliau tadi bersedia serta mengarahkan kami untuk pelaksanaan kegiatan ini bisa dilaksanakan di Pendopo atau di Gedung Kesenian. Tinggal kami nanti yang akan memutuskan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Selepas ini kami nanti akan bermusyawarah dulu untuk menentukan, termasuk tentang waktu pelaksanaan yang tepat” ujar Ardani, yang kali ini ditunjuk sebagai Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan.

Ditambahkannya juga bahwa rencananya kegiatan pelantikan DAD HSS ini nantinya akan dilakukan oleh DAD Provinsi Kalsel, dan akan mengundan pula para pengurus DAD Kabupaten/ Kota se-Kalsel. Sementara untuk pengurus DAD HSS yang akan dilantik terdiri atas beberapa personil, dimana terpilih sebagai Ketua DAD HSS adalah Jani, mantan Kepala Desa Ulang, Kecamatan Loksado yang juga menyertainya menghadap Bupati pagi ini.
(Kominfo-HSS/AJP/20062023)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *