Uncategorized

VERIFIKASI LAPANGAN HYBRID KLA 2023, PEMKAB HSS BERKOMITMEN UNTUK TERUS BERIKAN HAK-HAK ANAK

Dalam rangka mewujudkan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA), Pemkab HSS mengikuti kegiatan Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) Evaluasi Kabupaten Layak Anak Tahun 2023, Senin (12/06).
Berlangsung di Pendopo Bupati, pelaksanaan verifikasi ini dihadiri langsung oleh Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP didampingi oleh Sekretaris Daerah Drs. H. Muhammad Noor, M.AP, Kepala Bappelitbangda selaku Ketua Gugus Tugas KLA Kab HSS M. Arliyan Syahrial, M.Pd, dan Kepala Dinas PPKBPPPA selaku Sekretaris Gugus Tugas KLA Kab HSS Dian Marliana, S.STP, M.Si.

Kegiatan yang diadakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KPPPA RI) ini dibuka oleh Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Perlindungan Khusus Anak KPPPA, Muhammad Ihsan.
Dalam sambutannya dikatakan bahwa KLA adalah Kabupaten/Kota yang mempunyai sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara berencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.
“Ada 24 indikator KLA yang harus dipenuhi yang dikelompokkan ke dalam 5 kluster substansi dan 1 kelembagaan, yaitu Kluster Hak Sipil dan Kebebasan, Kluster Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif, Kluster Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan, Kluster Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya, dan Kluster Perlindungan Khusus,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati H. Achmad Fikry dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kementerian yang selalu mensupport Pemkab HSS, Bupati berharap adanya kegiatan bisa memberikan banyak masukan agar nantinya kebijakan ke depan memperkuat posisi KLA.
“Secara kebijakan kita berkomitmen kuat untuk terus memberikan hak-hak anak dengan berbagai fasilitas yang diberikan oleh pemerintah. Secara regulasi pun sudah dibuat peraturan-peraturan yang bisa melindungi anak-anak,” ungkap Bupati.
Bupati juga berharap dengan penilaian Hybrid pada hari ini menjadi motivasi bagi pemkab HSS untuk terus mengambil langkah konkrit, sehingga KLA di HSS bisa lebih baik dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
“Meski tidak mudah untuk melakukan itu, tetapi saya yakin dengan kerjasama semua anggota gugus tugas, dukungan stakeholder, dan masyarakat kita akan bisa menciptakan KLA yang kita idam-idamkan dan dirasakan manfaatnya oleh anak-anak kita,” kata Bupati.
Turut hadir dalam kegiatan ini Forkopimda, Kepala Dinas PPAKB Prov. Kalsel, Tim Verifikator Prov. Kalsel, Kepala OPD lingkup Pemkab HSS, Anggota Gugus Tugas Kabupaten/Kota Layak Anak Kab HSS, Lembaga Masyarakat, Dunia Usaha, dan Media di Kab HSS, Camat Se-kab HSS, Kepala Desa, dan Forum Anak Daerah Kab HSS.
(Kominfo-HSS/MM/12062023)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *