Uncategorized

JALIN MOU DENGAN BADAN INFORMASI GEOSPASIAL, BUPATI HSS INGIN TINGKATKAN INFORMASI GEOSPASIAL

Pagi ini, Selasa (06/06) bertempat di Gedung Pendopo Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) dilaksanakan Penandatanganan Nota Kesepakatan atau Memorandum Of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) tentang Penyelenggaraan, Pengembangan, dan Pemanfaatan Data dan Informasi Geospasial di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Penandatanganan ini dilakukan Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP bersama Kepala Badan Informasi Geospasial Prof. Dr. rer.nat. Muhammad Aris Marfai, S.Si, M.Sc. dan disaksikan Sekda Kab. HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP.

Dalam sambutannya, Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP mengatakan perencanaan pembangunan yang baik dihasilkan melalui proses penyusunan dan analisis berbasis data dan informasi akurat dalam bentuk spasial, karena perencanaan pembangunan saat ini menggunakan pendekatan holistik, integratif, tematik dan spasial.
“Dengan adanya nota kesepakatan yang ditandatangani ini diharapkan bisa meningkatkan simpul jaringan Kab. HSS menjadi unggul serta memperkuat data dan informasi geospasial Pemkab HSS melalui pendampingan dari Badan Informasi Geospasial secara langsung. Sehingga kedepan diharapkan data geospasial kita semakin baik dan sempurna lagi untuk menunjang pembangunan daerah kita tercinta,” tutur Bupati.

Pada kesempatan itu, Kepala Badan Informasi Geospasial Prof. Dr. rer.nat. Muhammad Aris Marfai, S.Si, M.Sc dalam sambutan sekaligus penjelasan beliau mengenai peran data dan informasi geospasial dalam pembangunan nasional, mengaku siap membantu Pemkab HSS berbagi informasi geospasial yang dibutuhkan. Terlebih informasi geospasial mempunyai nilai penting dalam menentukan perencanaan pembangunan di suatu wilayah.
Informasi geospasial sendiri merupakan informasi keruangan yang menunjukkan posisi atau lokasi suatu objek atau kejadian yang sudah diolah sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam perumusan kebijakan, pengambilan keputusan atau pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan keruangan.
Nota kesepakatan ini adalah untuk melakukan kerja sama tentang penyelenggaraan, pengembangan, dan pemanfaatan data dan informasi geospasial untuk pembangunan di Kab. HSS sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing pihak.
Penyerahan cindera mata dan plakat dari Bupati HSS kepada Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) dan juga diserahkan cindera mata oleh Kepala BIG kepada Bupati HSS.
Hadir dalam giat ini, para Kepala Perangkat Daerah, para Camat, APDESI, serta tamu undangan lainnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *