Uncategorized

RSUD BRIGJEND H. HASAN BASRY, RUMAH SAKIT PERTAMA DI INDONESIA YANG PUNYA TAMAN KONSERVASI ANGGREK

Beriringan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni, dilaksanakan kegiatan Penanaman Anggrek bersama Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry M.AP didampingi Sekretaris Daerah Kab HSS Drs. H. M. Noor, M.AP dan Ketua TP. PKK Kab HSS Hj. Isnaniah Achmad Fikry bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah Brigjend H. Hasan Basry (RSUD BHHB).
Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Pencanangan RSUD Brigjen H. Hasan Basry sebagai Pusat Konservasi Anggrek sekaligus Pengukuhan Pengurus Pencinta Anggrek Indonesia (PAI) Kab HSS oleh Bupati H. Achmad Fikry, Jumat (02/06).
Organisasi Pencinta Anggrek Indonesia yang sebelumnya bernama Perhimpunan Anggrek Indonesia ini didirikan dengan tujuan agar berperan aktif dalam menjaga kelestarian anggrek, mengembangkan serta membina potensi ekonomi penganggrekan Indonesia, dan menempatkan perkumpulan secara terhormat dalam penganggrekan internasional. DPC PAI Kab HSS sendiri berdiri pada tanggal 9 Maret 2022 di Kandangan.

Ketua DPD PAI Provinsi Kalimantan Selatan Hj. Arinda Dian Susanti mengaku bahagia dan bangga karena RSUD BHHB ini merupakan satu-satunya rumah sakit yang mempunyai Taman Konservasi Anggrek di Indonesia dan yang pertama di Indonesia.
“Hal ini merupakan kolaborasi yang sangat membanggakan antara insan pencinta anggrek di kabupaten HSS dengan pemerintah daerah, terutama Bapak Bupati yang masih berkenan menjadi pelindung di organisasi ini dan juga kepada itu direktur RSUD Brigjend H. Hasan Baseri beliau sangat totalitas menyertai aktivitas teman-teman organisasi DPC PAI Kab HSS,” ungkapnya.
Ia mengatakan bahwa di Kalsel sekarang mempunyai 8 DPC, yang 2 diantaranya sudah mempunyai Taman Konservasi Anggrek. Pertama di Batu Benawa Pagat dan yang kedua di RSUD BHHB.

Dalam sambutan Bupati H. Achmad Fikry beliau mengatakan bahwa lingkungan identik dengan hijau pohon, namun sekarang tidak hanya sekedar hijau tapi butuh keasrian dan keindahan yang akhirnya pohon ini ditempel dengan anggrek.
“Mudah-mudahan nanti di depan kantor Bupati bisa kita tempel, karena di depan kantor kami banyak pohon silakan ditempel nanti,” kata Bupati.
Bupati juga berharap agar pengurus PAI yang baru ini bisa terus melestarikan anggrek-anggrek yang ada di Kab. HSS.
“Juga kepada kita semua mari kita jaga lingkungan hidup kita, mari kita olah sampah dengan baik, agar mudah-mudahan HSS bisa tetap menjadi daerah yang sejuk,” himbau Bupati.

Sementara itu, Kepala Dispera KPLH Kab HSS Ronaldy Prana Putra, SSTP, M.Si yang juga selaku ketua panitia pelaksana kegiatan mengucapkan terima kasih atas RSUD BHHB karena sudah berkenan menjadi tuan rumah yang sekaligus nantinya akan dilaksanakan pengukuhan di halaman poliklinik pada hari ini.

Dalam rangkaian acara ini juga dilakukan penyerahan Anggrek Hybrid dari ketua DPD & DPC PAI untuk Bupati HSS dan Ketua TP. PKK Kab. HSS. Anggrek yang diserahkan ini merupakan anggrek hybrid hasil persilangan anggrek Deundrobium Helix dengan Dendrobium Yanny Rahmasari, disilangkan oleh Phillip Recardo Sugiwan dan diregistrasi secara internasional di Inggris pada tanggal 30 Mei 2023 dengan nama Dendrobium Isnafikry Sehati. Anggrek tersebut telah diikutkan lomba Festival Anggrek Paris Van Borneo di Barabai dan mendapatkan juara 3 untuk kategori Anggrek Dendrobium Hybrid.

Selain itu, diserahkan juga sebuah buku giat DPD PAI dan buku Dendrobium Meratus yang memuat mengenai 10 jenis anggrek Dendrobium Asli Meratus buah karya di DPC PAI Kab. HSS kepada Bupati HSS.
Turut berhadir dalam kegiatan ini para Asisten, para Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemkab HSS, Dewan Pengurus RSUD BHHB, Direktur RSUD BHHB, Direktur RSUD Daha Sejahtera, Direktur PT. Tirta Amandit, Kepala Kesatuan Pengelola Hutan Hulu Sungai, para Kepala Bagian Lingkup Setda Kab HSS, Camat se-Kab HSS, Ketua Dharma Wanita Kab HSS, para mitra kerja RSUD BHHB, rombongan DPD PAI Prov Kalsel, dan Organisasi Pencinta Alam serta Penggiat Alam Bebas.
(Kominfo-HSS/MM/02062023)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *