Uncategorized

APDESI TANDATANGANI MoU BERSAMA KEJARI HSS

Kejaksaan Negeri (Kejari) Hulu Sungai Selatan (HSS) bersama Pemerintah Desa Se-Kabupaten HSS menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) tentang penanganan hukum bidang perdata dan tata usaha negara. Penandatanganan MoU ini digelar di Aula Ramu Sekretariat Daerah Kab. HSS, Selasa (14/02).

Penandatanganan ini dilakukan oleh 11 Ketua APDESI Kecamatan, yaitu Kecamatan Kandangan, Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Simpur, Kecamatan Kalumpang, Kecamatan Angkinang, Kecamatan Telaga Langsat, Kecamatan Padang Batung, Kecamatan Loksado, Kecamatan Daha Selatan, Kecamatan Daha Utara, dan Kecamatan Daha Barat.

Kepala Kejaksaan Negeri HSS, Nul Albar, SH, MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam MoU ini diharapkan para kepala desa agar jangan ragu untuk melaksanakan langkah-langkah percepatan pembangunan, sehingga penyelenggaraan pemerintah desa bisa menjadi lebih baik.
“MoU ini bukan alat untuk bersembunyi dari kesalahan, bukan juga untuk menjadi perisai. Namun lebih kepada fungsi pencegahan preventif dalam menjalankan roda pemerintahan yang ada di desa melalui konsultasi hukum dan pendampingan hukum, sehingga nanti diharapkan tidak sampai ada indikasi tindak pidana atau melanggar hukum dalam pelaksanaan pembangunan di desa.” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati HSS, Drs. H. Achmad Fikry, M.AP mengatakan pendampingan oleh Kejaksaan ini agar menjadi penyemangat dan motivasi bagi para kepala desa untuk bisa mengelola dana dana desa maupun ADD.
“Pesan kami, semangat kepada para kepala desa untuk mencari sumber sumber pendapatan desa, apakah melalui bumdes yang ada atau dengan cara lain diluar bumdes. Tetapi selalu ingatkan setiap ada hal yang berkaitan dengan pemungutan ke masyarakat harus dibuat peraturan desanya. Dan jangan lupa agar semua aset dicatat dan dikelola dengan baik,” ungkap Bupati.
Lebih lanjut Bupati H. Achmad Fikry juga berpesan agar para Ketua APDESI yang melakukan penandatanganan hari ini untuk selanjutnya bisa menyampaikan ke semua kepala desa, agar terciptanya pemahaman yang sama sehingga nanti dalam bergerak bisa satu irama di masing masing kecamatan.

Turut berhadir dalam kegiatan ini Asisten, Para Kepala OPD terkait, Kepala Bagian Hukum, Camat dan Ketua APDESI Kecamatan Se-Kabupaten HSS.
(Kominfo-HSS/MM/14022023)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *