Uncategorized

UPACARA PERINGATAN HUT PGRI DAN HARI GURU NASIONAL TAHUN 2022 KABUPATEN HSS

Persatuan Guru Republik Indonesia Kabupaten Hulu Sungai Selatan Menggelar Upacara Peringatan Hut PGRI Ke 77 dan Hari Guru Nasional di Stadion 2 Desember, pada Kamis 08 Desember 2022. Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP hadir diupacara tersebut sekaligus bertindak selaku Inspektur Upacara dan diikuti pengurus cabang PGRI Kecamatan Se Kabupaten HSS serta Para Tenaga Pendidik dan Kependidikan lainnya.

Tema Hut PGRI Ke 77 dan HGN Tahun 2022 ini mengangkat Tema “Guru Bangkit – Pulihkan Pendidikan: Indonesia Kuat – Indonesia Maju”.
Tampak hadir Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, S.AP, MA, Forkopimda HSS, Sekretaris Daerah Drs. H. M. Noor, M.AP, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebuadayaan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten HSS , para Camat dan Pengurus PGRI Kabupaten HSS.

Sambutan Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar PGRI dibacakan Bupati HSS menyelipkan sejarah singkat berdirinya PGRI pada 25 november 1945 sebagai wadah perjuangan guru pendidik dan tenaga kependidikan dalaam memperjuangkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia berperang melawan kebodohan dan keterbelakangan serta berkhidmat pada negara dalam memajukan pendidikan nasional.
“Saat itu para guru di seluruh tanah air yang tergabung dalam puluhan organisiasi guru yang berbeda paham dan golongan, dengan semangat dan niat yang mulia bersepakat melebur menjadi satu wadah organisasi yaitu PGRI,” kata bupati mengutip sambutan Ketum Pengurus Besar PGRI.

Menurutnya setelah 77 tahun indonesia merdeka jati diri PGRI sebagi organisasi profesi organisasi perjuangan dan organisasi ketenagakerjaan yang bersifat independen unitaristik dan non partisasn senantiasa harus terus di jaga.
“Di tahun 2022 ini kita telah tiba di penghunjung pandemi covid 19 sehingga pembelajaran dapat dilakukan kembali secara luring, dengan kembali dibukanya sekolah diharapkan ketetinggalan capaian pembelajaran selama lebih dari dua tahun ini dapat diperbaiki, sehingga semangat belajar peserta didik kembali tinggi dan meningkat capaian kompetensinya,” lanjutnya.
Dalam proses pendidikan guru menjadi aktor utama yang memainkan peran penting pada berbagai episode pendidikan, hikmah penting pascacovid adalah peran guru tidak akan pernah tergantikan oleh teknologi.
“Zaman telah berubah pengurus PGRI di semua tingkatan harus adaptif merespon segala perubahan dengan saling berbagi perangkat kelembagaan PGRI, seperti lembaga kajian kebijakan pendidikan Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis, PGRI Smart Learning And Character Center, Perempuan PGRI, IGTKI PGRI, lembaga pendidikan PGRI perlu terus dihidupkan agar semakin berdaya,” pesannya.
Lebih lanjut, PGRI menyampaikan terima kasih kepada seluruh guru pendidik tenaga pendidikan khususnya para guru honorer yang mengisi kekosongan formasi guru dan mengajar dengan sepenuh hati di sekolah. Tanpa dedikasi mereka proses pembelajaran di sekolah akan terhenti karena ketiadaan guru.
“Kami mohon agar para pengurus PGRI di berbagai tingkatan, bekerja keras mengawal perjuangan dan saspirasi anggota. Jadikan PGRI sebagai rumah belajar yang nyaman bagi semua anggotanya,” harap Bupati.
“Selamat HUT ke 77 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2022 kepada para guru di seluruh tanah air semoga dedikasi dan pengabidan para guru pendidik dan tenaga kependidikan menjadi suluh penerang bagi bangsa negara dan kemanussiaan serta sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Guru bangkit, pulihkan pendidikan. Indoneisa kuat-indoneisa maju,” tutup Bupati.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *