Uncategorized

DPRD Kab. HSS Menyampaikan Tanggapan Terhadap Pendapat Bupati HSS Terhadap Ranperda Inisiatif DPRD HSS

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan menyampaikan tanggapan atau jawaban terhadap pendapat Bupati HSS terhadap 2 Ranperda inisiatif DPRD HSS tentang 1.) Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan; 2.) Penyelenggaraan Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga pada Rapat Paripurna DPRD pembicaraan tingkat I berlangsung di Ruang Rapat Lt. 2 Gedung DPRD HSS. Rabu 30 November 2022.

Dalam membacakan sampaian tanggapan, H.M. Sadyi Masun mengucapkan terima kasih kepada Bupati Hulu Sungai Selatan yang telah menyampaikan pendapatnya serta memberikan apresiasi dan dukungan atas disampaikannya Rancangan Peraturan Daerah inisiatif DPRD tersebut.
Ia lanjut menerangkan tanggapan-tanggapan atau jawaban terhadap pendapat kepala daerah atas penyampaian dan penjelasan Raperda Inisiatif DPRD tentang : 1. Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan; dalam hal tersebut para Dewan sependapat dengan apa yang telah disampaikan oleh Bupati bahwa perkembangan pembangunan di daerah yang cukup pesat perlu mengoptimalkan peran seluruh elemen masyarakat yang ada di daerah. keberadaan perusahaan mempunyai peran penting dalam pembangunan di daerah, terutama dalam peningkatan investasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. oleh karena itu, kebijakan pembangunan ekonomi harus didukung oleh komitmen perusahaan dan pemerintah daerah.
Lebih lanjut ia juga sampaikan terima kasih beberapa peraturan yang menjadi dasar dalam pembentukan peraturan daerah sebagai landasan yuridis diterima oleh pihak eksekutif, dan terima kasih pula disampaikannya dimana satu landasan hukum sebagai saran tambahan yakni undang-undang Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraaan Sosial akan dijadikan bahan dalam penyempurnaan rancangan peraturan daerah ini.

Kemudian dilanjutkan dengan tanggapan atas pendapat Bupati terhadap penyampaian rancangan peraturan daerah tentang: 2. Penyelenggaraan Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga; disitu ia atas nama DPRD HSS kembali mengucapkan terima kasih kepada Bupati Hulu Sungai Selatan yang dalam penyampaian pendapatnya memberikan dukungan dan menyambut baik di ajukannya rancangan peraturan daerah ini. sebagaimana telah disampaikan dalam penyampaian rancangan peraturan daerah ini bahwa tujuan penyelenggaraan perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga adalah dalam upaya mewujudkan pertumbuhan penduduk yang seimbang dan keluarga yang berkualitas. Dibentuknya peraturan daerah ini adalah upaya mewujudkan keluarga berkualitas yang hidup dalam lingkungan yang sehat dan keluarga berkualitas yang dibentuk berdasarkan perkawinan yang sah, sejahtera, sehat, maju, mandiri, memiliki jumlah anak yang ideal, berwawasan ke depan, bertanggung jawab, harmonis dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa. Terima kasih pula diucapkan atas saran dan informasi bahwa dalam untuk menindaklajuti undang-undang nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga telah dikeluarkan kebijakan berupa Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2022 Tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas. Tujuan dikeluarkannya instruksi ini adalah dalam rangka mempercepat program peningkatan kualitas sumber daya manusia, memberdayakan dan memperkuat institusi keluarga melalui upaya optimalisasi pemyelenggaraan kampung keluarga berkualitas di setiap desa/kelurahan. Kebijakan ini nantinya akan dijadikan sebagai bahan dalam memperkaya dan penyusunan kedua rancangan melengkapi rancangan peraturan daerah ini.
sidang dewan yang terhormat, hadirin yang berbahagia demikian tanggapan dprd fraksi-fraksi dprd dapat kami sampaikan, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan dukungannya, semoga pembahasan 2 (dua) ranperda inisiatif ini berjalan dengan lancar. akhirnya atas segala perhatiannya kami ucapkan terima kasih. Tandas H. Acun dalam membacakan tanggapan DPRD.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *