Uncategorized

TANGGAPAN EKSEKUTIF ATAS RANPERDA TENTANG PENYELENGGARAAN PERPUSTAKAAN

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar menggelar Rapat Paripurna Dalam Rangka Tanggapan/Jawaban Eksekutif Terhadap Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi atas Ranperda tentang Penyelenggaraan Perpustakaan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kab. HSS. Senin (12/09/2022) (15 Shafar 1444H).

Rapat paripurna ini, dipimpin Wakil Ketua Il DPRD H. M. Kusasi, SE, S. AP, MM yang juga dihadiri para anggota dewan. Adapun dari pihak eksekutif di hadiri Sekretaris Daerah Kab. HSS Drs. H. M. Noor, M.AP, Para Asisten, Staf Ahli, Para Kepala OPD, Kepala Bagian dan camat.

Pada kesempatan itu, Sekda Kab. HSS Drs. H. M Noor, M.AP menyampaikan jawaban eksekutif terhadap pertanyaan, saran dan masukan dari fraksi-fraksi di DPRD mengenai Ranperda tentang Penyelenggaraan Perpustakaan.

Disampaikan juga ucapan terima kasih dan penghargaan kepada fraksi – fraksi DPRD yang telah menyampaikan pertanyaan, tanggapan, saran dan dukungan dalam pemandangan umum atas rancangan peraturan daerah yang disampaikan eksekutif, yakni rancangan peraturan daerah tentang penyelenggaraan perpustakaan.
pertama menanggapi fraksi PKS. kami sangat sependapat dengan fraksi pks, bahwa dengan adanya ranperda tentang penyelenggaraan perpustakaan ini diharapkan dapat bermanfaat dan menumbuhkan minat baca serta minat menulis bagi masyarakat kabupaten hulu sungai selatan. kemudian kami juga mengharapkan masukan dan saran dari fraksi pks pada pembahasan-pembahasan selanjutnya.
selanjutnya menanggapi fraksi NASDEM. berkenaan dengan saran fraksi nasdem, agar dibuatkan pojok baca khusus anak-anak, kami ucapkan terima kasih atas saran yang disampaikan, berkaitan dengan pojok baca khusus anak akan menjadi bahan kami sehingga nantinya dapat menumbuhkan dan meningkatkan minat anak dalam belajar dan membaca di perpustakaan sesuai dengan harapan kita bersama. kemudian kami juga mengharapkan masukan dan saran dari fraksi nasdem pada pembahasan-pembahasan selanjutnya.
kemudian menanggapi fraksi PKB, berkenaan dengan peningkatan sumber daya manusia akan menjadi bahan kami selanjutnya, kemudian terkait dengan perpustakaan online dapat kami sampaikan bahwa selain layanan pustaka yang dapat di akses di ruang baca, saat ini di Kabupaten Hulu Sungai Selatan juga sudah menerapkan sistem layanan yang memanfaatkan media elektronik yaitu dengan menggunakan sistem aplikasi perpustakaan digital yang di gagas oleh dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Hulu Sungai Selatan yaitu melalui “iHSS” atau iHuluSungaiSelatan. iHSS merupakan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang dilengkapi dengan ereader untuk membaca ebook dengan fitur-fitur media sosial. aplikasi iHSS tersebut juga dapat didownload secara gratis di playstore.
menanggapi harapan dari fraksi GOLKAR agar penyelenggaraan perpustakaan menjadi wahana pelestarian seni dan budaya daerah, khususnya bagi generasi muda Hulu Sungai Selatan, kami sampaikan pemerintah daerah berusaha menyelenggarakan dan mengembangkan perpustakaan umum daerah berdasarkan kekhasan daerah sebagai pusat penelitian dan rujukan tentang kekayaan budaya daerah. pemerintah daerah juga mengusahakan menyelenggarakan perpustakaan yang koleksinya mendukung pelestarian hasil budaya di daerah.
dikatakan juga terkait koleksi perpustakaan tentang sejarah berdirinya desa di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, pemerintah daerah dalam hal ini dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten Hulu Sungai Selatan dalam pengadaan bahan pustaka mengusahakan untuk memprioritaskan karyakarya penulis lokal dan karya-karya tentang Kabupaten Hulu Sungai Selatan. juga dengan mewajibkan kepada setiap penulis di daerah untuk menyerahkan karyanya ke perpustakaan daerah. kami juga berupaya mendorong produktivitas penulis dalam menghasilkan karya tulis, khususnya tentang Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
selanjutnya dari fraksi PDI Perjuangan juga kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan apresiasi serta harapan dari fraksi PDI Perjuangan berkenaan dengan ranperda tentang penyelenggaraan perpustakaan ini. kami juga mengharapkan masukan dan saran dari fraksi PDI Perjuangan pada pembahasanpembahasan selanjutnya.
terakhir kepada fraksi GERINDRA PAN kami juga ucapkan terima kasih atas dukungan dan apresiasi dari fraksi GERINDRA PAN terhadap ranperda tentang penyelenggaraan perpustakaan yang kami sampaikan. kami juga mengharapkan masukan dan saran dari fraksi GERINDRA PAN dalam tahapan-tahapan selanjutnya.
Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terhadap pemandangan umum yang telah diajukan oleh fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan. sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas saran dan dukungannya bagi rancangan peraturan daerah ini, dan kami mengharapkan pembahasan yang lebih mendalam lagi pada rapat tahap berikutnya. semoga pembahasan rancangan peraturan daerah ini dapat berjalan dengan lancar. . . Amin Ya Rabbal’alamin.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *