Uncategorized

Grand Final Pemilihan Utuh Aluh Hulu Sungai Selatan Tahun 2022

Pemilihan Utuh Aluh Hulu Sungai Selatan (HSS) telah memasuki babak akhir. Sebanyak 12 pasang Utuh Aluh terpilih, kembali unjuk pengetahuan dan bakatnya pada acara Grand Final yang dilaksanakan oleh Pawadahan Utuh Aluh HSS di Open Stage Darmansyah Zauhidie Kandangan. Sabtu, (27/08).

Dalam sambutan Bupati HSS yang dibacakan Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP, MA beliau mengharapkan agar keikutsertaan para Utuh Aluh diajang pemilihan ini selain sebagai upaya melestarikan budaya daerah, juga untuk pengembangan potensi bakat, kreatifitas, dan kecerdasan para generasi muda.
“Kedepannya juga diharapkan agar kegiatan pemilihan ini tidak hanya menjadi rutinitas semata, dan keberadaan Utuh Aluh bukan sekedar penghias dalam berbagai acara, namun hendaknya terus dilakukan perbaikan dan pengaturan program bagi para Utuh Aluh agar setelah selesai menjadi Utuh Aluh mereka masih dapat memberikan sumbangsihnya dalam pembangunan.” Ucapnya.

Selain itu, salah satu tujuan yang diharapkan dapat tercapai adalah untuk mengajak dan mengajarkan generasi muda di HSS agar lebih mengetahui dan memahami tentang adat dan budaya serta kearifan lokal masyarakat dan daerah, serta menjadi wadah untuk melestarikan nilai-nilai budaya daerah, sekaligus mengembangkan dan mempromosikan potensi daerah beserta seni budayanya.

Adapun rangkaian kegiatan pemilihan Utuh Aluh HSS yakni melalui beberapa tahap, yaitu tahap sosialisasi, tahap pendaftaran, technical meeting, tahap seleksi dan tahap pembekalan. Peserta utuh aluh juga menjalani karantina tertutup dan karantina terbuka hingga tahap terakhir yakni malam grand final yang dilaksanakan pada 27 Agustus 2022.

Para pemenang Utuh Aluh HSS tahun 2022 nantinya akan mendapatkan trophy, piagam penghargaan, uang pembinaan, bingkisan dan voucher dari berbagai sponsor yang mendukung acara pemilihan Utuh Aluh HSS.
Turut berhadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Perhubungan, Forkopimda, Ketua Pengadilan Agama, Camat Kandangan, Anggota DPRD, BUMN/ BUMD, para sponsorship, para dewan juri, dan seluruh tamu undangan.
(Kominfo-HSS/Agtf/27082022)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *