Uncategorized

BUPATI HSS BERIKAN BANTUAN BERAS UNTUK PETANI YANG GAGAL PANEN

Meringankan beban para petani padi yang mengalami gagal panen akibat hama penyakit, Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP memberikan bantuan beras. Bantuan diserahkan di Balai Desa Amparaya, Kecamatan Simpur. Kamis (18/08/2022)

Dalam laporan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab. HSS Ir. H. A. Mawardi menyampaikan bantuan beras ini diberikan kepada para petani sebanyak 10 kg/petani yang mengalami gagal panen, khususnya di daerah Kec. Simpur, Kec. Sungai Raya, Kec. Padang Batung, Kec. Angkinang, dan Kec. Telaga Langsat yang terdiri dari 2.158 KK.

Bupati menyarankan agar para petani dapat berkonsultasi kepada Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) setempat terkait persiapan, proses dan permasalahan pertanian yang sedang dihadapi.
Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.
“Sering saya katakan ketika masyarakat perlu, pemerintah harus ada.” ucap Bupati
Bupati juga menyarankan agar para petani dapat mengunakan jasa asuransi.

“Petani itu saat gagal panen bisa dapat ganti dengan masuk menjadi Asuransi Usaha Tani dengan bayar Rp. 36.000 sekali musim tanam per hektar, kalau gagal dapat 6 juta.” Jelasnya
Bupati HSS juga menghimbau untuk berhati-hati jika ingin mengajukan pinjaman modal untuk bertani, dikarenakan banyak jasa pinjaman yang persyaratannya menyengsarakan peminjam. Jika petani perlu modal, Bupati menyarakan untuk mengajukan Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk petani ke Bank Syariah atau Bank Konvensional yang sudah bekerja sama dengan pemda.
Turut berhadir Kepala Dinas Pertanian Kab. HSS Muhammad Noor, SP, Pejabat Kecamatan terkait, Jajaran Dinas Pertanian, Jajaran Dinas Ketapang, Para Petani, Perangkat Desa Amparaya, dan unsur lainnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *