Uncategorized

Sekda HSS Mengikuti Rapat Koordinasi Untuk Mewujudkan Destinasi Pariwisata Super Prioritas

Bertempat di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Sekretaris Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Muhammad Noor, M.AP mengikuti Rapat Koordinasi untuk Mewujudkan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba sebagai Destinasi Berkualitas. Jum’at (22/07/22).

Rapat koordinasi tersebut merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Republik Indonesia Ir. H. Jokowi Dodo tentang fokus pengelolaan 5 (lima) kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas, yang mana dalam hal itu Danau Toba menjadi salah satunya.


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhut Binshar Panjaitan yang memimpin rapat koordinasi tersebut menjelaskan bahwa program pegembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas akan memberikan peluang bagi masyarakat untuk mengakses destinasi yang berkualitas, serta dapat memberikan manfaat ekonomi berganda bagi masyarakat di sekitar kawasan, meningkatkan pelestarian lingkungan hidup, dan pelestarian nilai-nilai utama mereka. Selain itu, program tersebut membuka peluang bagi para pelaku usaha untuk berinvestasi dengan berbagai insentif dan fasilitas.

Beliau juga memaparkan tentang 7 (tujuh) komitmen daerah dalam percepatan pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas :
1. Meningkatkan Jumlah kunjungan wisatawan 2. Meningkatkan Jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
2. Meningkatkan Jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
3. Pengelolaan Persampahan
4. Pengendalian Pencemaran dan/atau Kerusakan Lingkungan Hidup
5. Kondisi Infrastruktur Jalan sebagai akses ke daerah destinasi pariwisata
6. Ketersediaan Fasilitas Umum/Sosial (Rumah Sakit)
7. Penyelesaian Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *