Uncategorized

KHATAMAN AL-QUR’AN RUTIN LINGKUP SETDA HSS, DIISI TAUSYIAH TGH. DHIAUDDIN, Lc

Gelaran Khataman Al-Qur’an yang rutin dilaksanakan di lingkup Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) setiap Jum’at pagi kembali digelar. Sebagaimana biasa setiap satu bulan sekali kegiatan ini diisi pula dengan tambahan tausyiah, yang kali ini disampaikan oleh TGH. Dhiauddin, Lc. Hadir secara lengkap Bupati Drs. H. Achmad Fikry, M.AP, Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, S.AP, MA dan Sekretaris Daerah Drs. H.Muhammad Noor, M.AP, beserta seluruh Kepala Bagian dan para ASN lingkup Setda HSS.

Dalam tausyiahnya, TGH. Dhiauddin, Lc menyampaikan sebuah hadits dari Rasulullah SAW, yang membahas tentang amalan yang seharusnya dilakukan seorang muslim pada saat bangun menyambut pagi hari.
“Buat seorang muslim, Rasulullah menyuruh kita untuk bersedekah kepada seluruh ruas tulang yang ada dalam tubuh kita, setiap kali kita bangun di pagi hari. Ini adalah sebagai bentuk kesyukuran kita karena masih hidup dan bisa menemui kembali hari berikutnya” jelasnya.

Dipaparkannya lebih jauh bahwa tak sedikit orang yang tidur, tidak bisa bangun lagi dan bahkan menemui ajalnya. Karena tidur pada hakikatnya adalah mati sementara, sehingga apabila kita bisa bangun dan bertemu dengan pagi hari lagi kita sepatutnya bersyukur karena masih diberi umur oleh Allah SWT.
Bagaimana cara bersedekah yang dimaksud Nabi? Beliau selanjutnya memaparkan ada beberapa pilihan seperti yang termaktub dalam Hadist Riwayat Muslim ini.

“Bisa dengan membaca tasbih, tahmid, tahlil, maupun takbir sejumlah ruas tulang yang di dalam tubuh ini, telah dikatakan Rasulullah 14 abad lalu, serta telah dibuktikan kebenarannya oleh para ahli, yakni sebanyak 360 ruas” paparnya.
Ditambahkannya bisa pula dengan melakukan amar ma’ruf ataupun nahi munkar, dan bisa pula dengan sholat dhuha sebanyak 2 rakaat.
(Kominfo-HSS/AJP/10062022)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *