Uncategorized

PERINGATAN HARI PENANAMAN POHON INDONESIA 2021

Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2021 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan ditandai dengan penanaman pohon oleh Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry M.AP, Senin (22/11) di Tempat pembuangan akhir (TPA) Malutu, Kecamatan Sungai Raya.
Penanaman pohon tersebut diikuti oleh Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad, S.AP, MA, Sekretaris Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan Drs. H. Muhammad Noor, M.AP serta seluruh kepala OPD HSS.
Hari menanam pohon Indonesia ini diperingati sebagai bentuk kampanye memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.
“Mudah mudahan kegiatan kita ini menjadi pembangkit semangat bagi masyarakt kita untuk turut andil dalam penanaman pohon,” harap Bupati.
Bupati juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pihak terkait yang mendukung kegiatan penanaman pohon yang berlokasi di TPA malutu ini khususnya kepada dinas kehutanan provinsi melalui UPT yang berlokasi di HSS dalam hal penyediaan bibit tanaman dan lain sebagainya.
“Kenapa hari ini kita menanam di TPA, karena kita ingin menghijaukan TPA kita, meskipun ada lokasi lain yang bisa kita atur untuk penanamannya tapi disini kita ingin fokus menghijaukan tpa,” tambah Bupati.
Lebih lanjut, Bupati mengatakan rencananya terhadap gerakan penghijauan pada potensi lokasi yang rawan dengan bencana longsor untuk mengurangi potensi bencana dikemudian hari.
“Sebagaimana saya ingat kan pada warga lumpangi pada saat syukuran tanam padi, saya katakan kepada mereka untuk jangan lagi membakar lahan, pembakaran lahan hutan sudah harus dikurangi kalau bisa tidak usah lagi, apalagi yang berada di pinggir jalan yang berpotensi bencana longsor,” ucapnya
“Walaupun butuh waktu untuk menyadarkan masyarakat, tapi kita akan terus berusaha meyakinkan masyarakat, bahwa menanam pohon itu merupakan bagian dari kita untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan dan hijaunya daerah kita,” tandas Bupati.
(kominfohss-arz)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *