Uncategorized

PEMKAB HSS GELAR RAPAT KOORDINASI KESIAPSIAGAAN BENCANA

Dalam upaya kesiapsiaagan dalam menghadapi bencana, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan menggelar Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan Bencana Banjir, Tanah Longsor dan Angin Puting Beliung bertempat di Aula Rakat Mufakat Setda HSS. Senin(22/11/2021)
Rapat koordinasi ini dipimpin oleh Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M. AP didampingi Sekretaris Daerah Kab. HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP dan dihadiri oleh Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, TNI dan juga Polri.
Ditemui usai acara, Sekretaris Daerah Kab. HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP menyampaikan pihaknya akan melakukan segala persiapan untuk mengatasi segala kemungkinan bencana yang terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
“Alhamdulillah hari ini semua Perangkat Daerah yang terlibat menyatakan kesiapan untuk penanganan bencana kedepannya kalau terjadi di Kab. HSS baik itu dari Dinas PU, Perkim dan Relawan menyatakan kesiapan kedepannya kemudian dalam penanganan jangka panjang tadi ada program yang telah disampaikan oleh Pak Bupati akan menangani lereng gunung di arah Loksado yang sering digunakan untuk penanaman itu akan kita lakukan pendekatan dengan program, nantinya agar tanah itu tidak tergerus lagi karena dibakar dan apabila hujan akan terjadi longsor. Kedepannya akan kita himbau masyarakat. Kemudian dari Pertanian kita akan masuk mengintervensi penanaman pohon yang produktif. Itulah hal-hal yang kami siapkan untuk jangka Panjang,” ucap Sekda
Sekda HSS juga menambahkan, antisipasi bencana gunanya untuk mencegah jatuh korban jiwa dan dapat meminimalisir korban harta benda. Beliau mengatakan antisipasi bencana juga perlu agar tidak kalang kabut ketika terjadinya bencana.
“Untuk penanganan raba yang menutup sungai juga jadi pemikiran kita dalam jangka Panjang.Kita memikirkan yakni kontribusi Desa dari anak sungai yang mengarah ke sungai besar itu ditangani. Kemudian, untuk anak sungai yang menjadi kewenangan balai itu akan kita koordinasikan dengan balai. Kita berdoa saja mudah-mudahan tidak terjadi bencana di Kabupaten Hulu Sungai Selatan walaupun terjadi juga insyaallah kita selalu siap dalam menghadapi nya,” tuturnya
Sementara itu, Kepala BPBD Kab. HSS H. Syamsudin, S.IP berpesan agar masyarakat selalu waspada terhadap bencana alam mengingat beberapa hari terakhir intensitas curah hujan cukup tinggi.
“Kepada masyarakat di Kab.HSS khususnya untuk masyarakat di daerah bantaran sungai apabila ada curah hujan yang cukup tinggi dan intensitas yang lumayan lebat dan hujan lebih dari 1 jam dengan jarak pandang tidak lebih dari 30 meter diharapkan untuk waspada sedini mungkin dan kalau bisa mengevakuasi diri ke tempat yang lebih aman baik itu keluarganya dan barang-barang berharga sehingga tidak berkemungkinan akan terjadinya luapan air yang cukup cepat. Kemudian, untuk warga yang ada di permukiman yang mempunyai drainase yang apabila ada penyumbatan agar dilakukan gotong royong untuk pembersihan karena berkemungkinan apabila ada air masuk maka air yang keluar akan lambat sehingga ketika di sungai air sudah turun akan tetapi disana masih terendam karena drainase nya tertutup,” harapnya
(KOMINFO/HSS/SR/2021)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *