Uncategorized

RAPAT KOORDINASI TIM PENGENDALIAN DAERAH KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN TAHUN 2021

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Hulu Sungai Selatan menggelar Rapat Koordinasi bertempat di Aula Ramu Setda Kab. HSS, Selasa(26/10/2021)
Rapat dipimpin dan dibuka oleh Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M. AP melalui teleconference dengan didampingi Sekretaris Daerah Kab. HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP dan Kepala Badan Statistik (BPS) Kab. HSS Ir. Muchyar, MP serta diikuti Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan Priatna Utama dan Rakhmat Pratama, Kepala Cabang Bulog Barabai Budiawan serta para kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
Rapat Koordinasi bertujuan untuk membahas sejauh mana ketersediaan bahan kebutuhan pokok serta mendiskusikan langkah-langkah pengendalian harga di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
Bupati Hulu Sungai Selatan menyampaikan inflasi dapat terkendali di Kab. HSS dikarenakan ketersediaan 9 bahan pokok yang masih tersedia serta dari sekian komuditas surplus.
“Komoditas surplus itu nantinya akan kita utamakan. Kita sepakat untuk mengkaji lebih lanjut kerjasama dengan daerah lain tetapi nanti itu tergantung data. Kalau datanya konkrit akan kita utamakan seperti beras yang dapat diolah menjadi tepung,” ucap Bupati
H. Achmad Fikry mengatakan agar para petani dapat meningkatkan semangatnya guna mendorong produktivitas sehingga probabilitas nya dapat naik.
“Tetapi jangan sampai juga pada saat probabilitas naik pasarnya akan tidak jelas,” tuturnya
Bupati HSS berharap agar setiap Rapat Koordinasi dapat memberikan jalan keluar untuk ketersediaan bahan pokok di Kab. HSS, Probabilitas tetap tinggi serta target surplus kedepannya akan selalu ada pasarnya.
“Yang paling penting tersedianya bahan pokok perkara harga itu akan menyesuaikan kalau beras dari harga yang paling murah hingga yang paling mahal, tergantung masyarakat saja mau memilih yang mana tapi yang sedang menurun itu telur ayam ras tapi itu secara nasional. Nah, ini mungkin yang akan kita kerjasamakan,” harapnya
Pada kesempatan tersebut, Kepala Cabang Bulog Barabai, Budiawan juga menyampaikan jumlah stok beras untuk Kabupaten Hulu Sungai Selatan sebesar 1,668,990 ton (Pergudangan Birik) dan 1, 705,387 ton (Pergudangan Andang) dan 707,100 ton (Pergudangan Binderang) dengan harga Rp. 8.600,-/kg. Stok bahan baku lainnya juga masih aman yakni Gula Pasir sebanyak 142 ton, Daging Kerbau 5 ton dan Tepung Terigu 4 ton.
(KOMINFO/HSS/SR/2021)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *