Uncategorized

KECAMATAN TELAGA LANGSAT MENJADI KECAMATAN KE-10 YANG DIBERIKAN PELATIHAN

Pada hari ini giliran TP. PKK Kecamatan Telaga Langsat yang disambangi oleh Pengurus TP. PKK Kab. HSS untuk diberi Pelatihan Pengetahuan dan Keterampilan terhadap kader PKK. Senin (26/10/2021).
Hadir sebagai narasumber, Sekretaris TP. PKK HSS Hj. Murziah SE, beserta jajaran TP. PKK HSS yang memaparkan materi dengan antusias tentang Pelatihan Kelompok Dasa Wisma, Pusat Informasi Keluarga (PIK), dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Gerakan Hatinya PKK.
Kegiatan ini dilaksanakan di tiga tempat yang berbeda. Pelatihan Kelompok Dasa Wisma di Aula Kec. Telaga Langsat yang diikuti sebanyak 30 orang kader PKK. Prinsip Dasa Wisma adalah pengawasan dan pemberdayaan masyarakat hingga menyentuh unit masyarakat terkecil yakni keluarga. Fungsi Kelompok Dasa Wisma ini adalah sebagai penggerak dan pembina masyarakat di lingkungannya untuk turut mensukseskan pelaksanaan program pokok PKK.
Untuk Pusat Informasi Keluarga (PIK) dilaksanakan di Balai Desa Mandala diikuti sebanyak 15 orang kader PKK. Kegiatan ini mencakup beberapa masalah, di antaranya administrasi PIK, masalah keluarga, anak, dan masalah sosial lainnya seperti putus sekolah, pencegahan kekerasan dalam rumah tangga (PKDRT), maupun masalah sosial lainnya yang berhubungan dengan lingkungan keluarga.
Kemudian Bimtek Gerakan Hatinya PKK yang dilaksanakan di Posyandu Telaga Langsat dan diikuti sebanyak 20 orang kader PKK. Gerakan Hatinya PKK merupakan suatu gerakan masyarakat untuk memanfaatkan halaman di sekitar rumahnya atau pekarangan, dengan tujuan terciptanya ketahanan pangan keluarga. Melalui pemanfaatan pekarangan rumah dengan tanaman produktif baik tanaman sayuran, buah-buahan, bunga, ataupun perikanan yang mana salah satunya budidaya ikan dalam ember yang sudah dilaksanakan agar terus di lanjutkan.
Pada kegiatan ini juga dirangkai dengan Bimtek pengolahan sampah rumah tangga bagi para kader PKK. Bimtek ini dalam rangka turut mendukung kegiatan pilah sampah yang sudah dicanangkan oleh Bupati Hulu Sungai Selatan pada saat hari bersih-bersih sedunia. TP. PKK Kab. HSS bekerjasama dengan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) menyampaikan materi diantaranya bagaimana mendirikan Bank Sampah, serta cara memilah sampah yang bernilai ekonomis. Hadir sebagai narasumber Kasi Pengelolaan Persampahan Dispera KPLH, M. Robby A.
KOMINFO/HSS/AR/2021

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *