Uncategorized

Antisipasi Masalah Sosial, Bupati HSS Resmikan Rumah Singgah Naungan Sehati

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) melakukan berbagai cara untuk mengantisipasi masalah sosial kemasyarakatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Kab. HSS). Sebagai bentuk keseriusan dalam penanggulangan masalah sosial tersebut, Pemkab HSS melalui Dinas Sosial Kab. HSS telah menyiapkan Rumah Singgah yang diberi nama Naungan Sehati.
Rumah Singgah Naungan Sehati pagi hari ini Senin, (12/04) diresmikan Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP yang ditandai dengan pemotongan untaian melati dan langsung meninjau lokasi rumah singgah tersebut didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP, MA dan Kepala Dinas Sosial Nordiansyah, S.Sos, M.Si.
Rumah Singgah berkapasitas 8 orang dengan 2 kamar tersebut terletak di Jalan Kamboja, eks Kantor Kecamatan Kandangan.
Dijelaskan Kepala Dinas Sosial selesai peresmian, mulai hari ini Rumah Singgah Naungan Sehati akan dioperasionalkan.
“Ini merupakan amanah dari Ibu Kepala Dinas terdahulu, jadi tahun 2020 tadi kita laksanakan pembangunan fisiknya yaitu rehab. Ada beberapa ruangan yang dimanfaatkan untuk rumah singgah ini. Di bulan Januari Februari tadi kita persiapan untuk pengadaan material dan bahan-bahannya di dalam dan juga sdm nya,” ungkapnya.
Lebih lanjut Kadis Sosial menjelaskan rumah singgah itu sifatnya sementara. Selama ini kalau ada warga yang terlantar, itu diamankan di posko tagana, tapi setelah adanya rumah singgah ini, maka otomatis dialihkan kesini. Ini bentuk layanan sosial yang diberikan Pemkab HSS kepada masyarakatnya.
Selesai peresmian, Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP melanjutkan giatnya dengan melakukan pembinaan sekaligus pengarahan kepada pejabat struktural di lingkup Dinas Sosial Kab. HSS.
Pembinaan dan pengarahan yang dilakukan Bupati H. Achmad Fikry adalah sesuatu yang rutin dilakukan semenjak periode pertama kepemimpinannya sebagai Bupati.
Dalam wawancaranya, Bupati mengatakan terkait Rumah Singgah ini disiapkan melalui Dinas Sosial untuk menampung masyarakat yang memerlukan bantuan.
“Ada SOP nya, jalurnya ada siapa yang berhak masuk kesana. Ini upaya pemerintah untuk menjamin masyarakat kita yang mungkin memerlukan bantuan. Inilah bentuk pelayanan yang harus terus kita berikan kepada masyarakat yang menyandang masalah sosial,” ungkapnya.
Mengenai pembinaan pejabat, ini sudah biasa dilakukan Bupati keliling di OPD. Semangatnya mengajak ASN untuk lebih profesional bekerja, menunjang program RPJMD, dan merekalah pelaksana RPJMD, Bupati yang berencana, dan merekalah yang melaksanakan.
“Bupati dipercaya rakyat menjadi Bupati, membuat perencanaan untuk 5 tahun kedepan, Bupati percaya dengan mereka yaitu eselon II, III dan IV dan semua pelaksana untuk melaksanakan. Jadi garis lurus antara pimpinan dan bawahan agar bisa berjalan dengan baik,” tuturnya.
Dengan maraknya permasalahan sosial di era global ini, tentunya rumah singgah ini menjadi salah satu solusi bagi Pemkab HSS untuk mengurangi angka penyandang sosial di Kab. HSS. Sebagai warga yang baik, mari kita turut mendukung setiap program pemerintah, dan tidak lupa pula himbauan pemerintah dimasa pandemi ini untuk tetap mematuhi protokol kesehatan harus selalu kita lakukan.
(Kominfo-HSS/Agtf/12042021)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *