Uncategorized

PJ BUPATI HSS BUKA BIMTEK BPD, SAMPAIKAN AGAR TERUS BERSINERGI DAN MENJADI MITRA KEPALA DESA DALAM MEMBANGUN SERTA MENSEJAHTERAKAN DESA

Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Hermansyah, MM, membuka sekaligus menyampaikan sambutan pada acara pembukaan bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pemerintahan desa se-Kabupaten HSS yang digelar di Hotel Aria Barito Banjarmasin, Jumat ( 26/04) pagi.
Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas PMD Kab. HSS Susilo Adianto, S.STP, M.Si, Para Narasumber dari Kementerian Desa, Dinas PMD Prov. Kalsel, Praktisi hukum dan IT Prov. Kalsel, Para Camat seKabupaten HSS, Para Kepala Desa dan Peserta kegiatan berasal dari unsur BPD, yang diutamakan bagi yang belum pernah mengikuti kegiatan pelatihan khususnya bagi Anggota BPD PAW (Pergantian Antar Waktu) dikarenakan anggota BPD terdahulu berhenti karena mengundurkan diri ataupun meninggal dunia.

Saat membuka kegiatan, Pj Bupati HSS H. Hermansyah mengatakan bahwa melalui Bimtek ini merupakan upaya untuk para anggota BPD agar menjadi mitra strategis dari Kepala Desa dan Perangkat Desa dalam pelaksanaan pemerintahan desa sehingga perjalanan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di desa masing-masing bisa seiring sejalan dengan BPD bisa berdaya.
“Tentu harapannya kedepan, sinergitas antara BPD dan Pemerintahan Desa semakin erat, sehingga masyarakat sejahtera di Hulu Sungai Selatan dapat sama-sama kita wujudkan, dari segi keuangan lebih akuntabel, segi pemerintah dan pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi”,Kata Pj Bupati.
Pj. Bupati juga berpesan agar para anggota BPD dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sebaik – baiknya. Manfaatkan segala informasi yang diperoleh untuk meningkatkan kapasitas diri sehingga nantinya dapat diterapkan di desa masing – masing. “Anda semua tentunya merupakan orang pilihan yang mengemban amanah dan telah dipercaya oleh masyarakat untuk mewakili mereka. Sehingga sudah tentu harus dapat memberikan yang terbaik melalui peranan BPD yang optimal bagi pembangunan desa”,tuturnya.

Sebelumnya, dalam laporan Kepala Dinas PMD Susilo Adianto, S.STP, M.Si menyampaikan, BPD adalah lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan di tetapkan secara demokratis.
.
“Sehingga kegiatan pengingkatan kapasitas anggota BPD perlu untuk terus dilaksanakan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman, sinergi dan koordinasi antara Kepala Desa dan BPD dalam melaksanakan tugas dan peran masing-masing mewujudkan pemerintahan desa yang bersih dan transparan”,jelasnya.
Narasumber yang akan menjadi pemateri pada kegiatan bimtek tersebut ini berasal dari berbagai unsur dan lintas sektor, dengan materi yang diberikan meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan dan tahapan pengawasan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *