Uncategorized

BUKA BIMTEK PENINGKATAN KAPASITAS APARATUR PEMERINTAHAN DESA, PJ BUPATI: BERHARAP PENGELOLAAN KEUANGAN & PERCEPATAN PENYERAPAN ANGGARAN SEMAKIN BAIK DAN CEPAT

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kab. HSS menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa seKabupaten HSS.
Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan bimbingan teknis tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman berkaitan dengan pelaksanaan transaksi non tunai yang mulai tahun 2024 ini secara bertahap sudah mulai diterapkan.
Kegiatan yang dipusatkan di Hotel Grand Qin Banjarbaru pada Kamis (25/04) ini, dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Bupati HSS Drs. H. Hermansyah, MM dan dihadiri oleh Pj Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj. Rusnawati Hermansyah, SE, Kepala Dinas PMD Kab. HSS Susilo Adianto, S.STP, M.Si, Pimpinan Bank Kalsel Cabang Kandangan Muhammad Louthfi Rahmany, jajaran Dinas PMD Kab. HSS dan seluruh peserta bimtek yang berhadir.

Dalam laporannya, Kepala Dinas PMD Kab. HSS Susilo Adianto, S.STP, M.Si mengatakan pemerintah desa sebagai lingkup pemerintahan terkecil dan ujung tombak dalam sistem pemerintahan daerah yang berhubungan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Tentu menjadi fokus bagi kita bersama dalam rangka terus membenahi, dan meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya termasuk para perangkat desa khususnya dalam hal pengelolaan keuangan desa yang saat ini diamanahkan dana yang cukup besar”,ungkapnya.
Disampaikan juga, peserta bimtek ini terdiri dari perangkat desa yang terlibat dalam langsung dalam pengelolaan keuangan desa baik sebagai maker maupun checker. “Pelaksanaan bimtek ini dilaksanakan sejak tanggal 24 – 27 April 2024 bertempat di Ballroom Hotel Grand Qin”,tambahnya.

Dalam wawancaranya, Pj Bupati HSS H. Hermansyah mengatakan rasa syukur karena sudah bisa membuka secara resmi kegiatan bimtek Peningkatan Aparatur Perangkat Desa se Kabupaten HSS.
“Sehingga kita harapkan progres pelaksanaan kegiatan pembangunan di desa mereka masing-masing ini bisa semakin baik dan tentu harapannya adalah bagaimana agar mereka bisa menjalankan tugas-tugas ini dengan sebaik-baiknya”,harap Pj Bupati kepada para peserta.
“Karena pengelolaan keuangan inikan sangat terkait dengan akuntabilitas dan kita harapkan dengan adanya pelatihan seperti ini, akuntabilitasnya semakin meningkat sehingga nanti pada saat mungkin ada pemeriksaan dan sebagainya akan lebih mudah”,jelasnya.
“Adanya kerjasama dengan Bank Kalsel, tentu harapannya adalah bagaimana agar penyerapan-penyerapan anggaran dan juga nanti terkait dengan dana non tunai ini bisa semakin baik, sehingga sarana dan prasarana yang dibutuhkan Bank Kalsel bisa selalu siapkan untuk itu”,kata Pj Bupati.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *