Uncategorized

MASJID DARUSSA’ADAH MENJADI TUAN RUMAH SAFARI RAMADHAN DI KEC. KALUMPANG

Kegiatan Safari Ramadhan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), terus dilaksanakan secara berkeliling di seluruh kecamatan. Pada hari Ke-10 Ramadhan 1445 H sore ini adalah giliran untuk Kecamatan Kalumpang dimana yang menjadi tempat pelaksanaan adalah di Masjid Darussa’adah, Desa Balimau Kecamatan Kalumpang. Sebagaimana biasa kegiatan ini selalu dihadiri langsung Penjabat (Pj) Bupati HSS, Drs. H. Hermansyah, MM yang kali ini datang ditemani oleh Pj. Ketua PKK Hj. Rusnawati Hermansyah, SE. Turut mendampingi Sekretaris Daerah Drs.H. Muhammad Noor, M.AP dan Ketua DWP HSS. (Kamis, 21/03).

Dari keterangan yang disampaikan Kades Balimau H. Alamsyah bahwa masjid ini dibangun sejak 2 tahun yang lalu dan sampai saat ini masih dalam proses pembangunan, dengan tetap mempertahankan beberapa aset sejarah yang tak ikut dibongkar, seperti tiang guru yang pernah menjadi sandaran Al-‘Alimul ‘Allamah TGH. Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul.
“Masjid ini punya sejarah yang kalau saya ceritakan akan sangat panjang, namun yang jelas ini adalah monumen yang sangat berharga bagi warga Balimau. Apalagi Datu Ahmad Balimau yang merupakan keturunan langsung dari Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari, kubah beliau ada disini” ungkap pria yang sering disapa Balimau Rasap ini.

Pada kesempatan ini Pj. Bupati H. Hermansyah menyampaikan rasa bahagianya bisa berkumpul dan buka puasa bersama warga Balimau di masjid yang sangat bersejarah bagi perkembangan Islam di daerah ini.
“Seperti yang disampaikan Kepala Desa tadi bahwa masjid ini sangat bersejarah dan punya banyak peran dalam perkembangan agama dan syiar Islam di HSS. Kawasan ini juga selalu menjadi destinasi para peziarah dari luar daerah karena adanya Kubah Datu Ahmad, sehingga masjid ini perlu dibuat lebih baik lagi. Kami berharap bantuan hibah yang kami berikan bisa sedikit membantu untuk pembangunan masjid ini, kalau nanti kita rasa masih kurang akan kita tambah lagi” ucapnya yang disambut applaus jamaah yang hadir.

Dalam kesempatan Buka Puasa Bersama ini Pemkab HSS menyerahkan bantuan dana hibah untuk Masjid Darussa’adah sebesar 100 juta rupiah yang diserahkan langsung oleh Pj. Bupati dan diterima oleh Kades Balimau.
Acara buka puasa ini sebagaimana biasa juga diisi dengan tausyiah yang kali ini disampaikan oleh Ketua MUI Kec. Sungai Raya yakni Ustadz Abdul Wahid. Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua MUI HSS, TGH. Jamhari Muhdin, Ketua MUI Kalumpang, unsur Forkopimcam Kalumpang, para kepala OPD, para Kabag Setda HSS, Camat Kalumpang, tokoh masyarakat dan warga Desa Balimau. Sebelum pulang Pj. Bupati H. Hermansyah didampingi Ketua MUI juga menyempatkan diri berziarah ke Makam Datu Ahmad.
(Kominfo-HSS/AJP/21032024)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *