Uncategorized

PEMKAB AKAN TERUS BERKOMITMEN DALAM PENINGKATAN DAN PERKEMBANGAN KOPERASI DI KABUPATEN HSS

Dalam rangka terus meningkatkan kapasitas dan keberlanjutan koperasi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Pemerintah Kabupaten HSS melalui Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (Disnaker KUKMP) Kab. HSS melakukan Bimbingan Teknis (bimtek) tentang kegiatan akuntansi dan pelaporan keuangan koperasi bagi pengurus & pengelola. Bertempat di Aula Kewirausahaan Dinas Nakerkop UKM&P Kab. HSS. Senin (26/02/2024).

Acara ini dihadiri langsung Penjabat Bupati HSS Drs. H. Hermansyah,MM sekaligus membuka bimtek secara resmi, yang mana kegiatan itu juga dihadiri Ibu Pj. TP PKK Kabupaten HSS Hj. Rusnawati Hermansyah, SE, Para Narasumber LP2UKM Banjarmasin dan 25 orang peserta pengelola/pengurus Koperasi.

Pada kesempatan itu, Pj. Bupati HSS H. Hermansyah mengatakan bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan ini ini adalah bagaimana agar pengurus dan pengelola Koperasi ini bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan terkait pengelolaan keuangan dan akuntansi, sehingga kami sebagai Penjabat Bupati Hulu Sungai Selatan diberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya, yang mana agar kualitas laporan pertanggungjawaban Koperasi ini akan semakin meningkat dengan dilakukannya pelatihan hari ini.
“karena kita tahu sebuah koperasi kita soko guru ekonomi kita yakni koperasi makanya dulu ketika masih garis-garis besar haluan negara (GBHN) selalu kedepan pasal 33 undang-undang Dasar 1945 dulu”,ungkapnya.
“Jadi ini bagaimana agar koperasi ini bisa semakin tumbuh dan berkembang di masyarakat dan Alhamdulillah kita menyadari bahwa perkembangan koperasi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan juga semakin meningkat dan tentu kita harapkan ini akan semakin memberdayakan masyarakat”,kata Pj Bupati.
“Terkait dengan pengelolaan keuangan ini, mudah-mudahan apa yang kita lakukan karena pengalaman kalian inikan bisa kita lihat, semakin berkembangnya koperasi inikan kita lihat dari laporan keuangan, jadi bagaimana kita menyusun laporan keuangan yang baik tersebut”,tuturnya.

Dikatakan pula, pentingnya pemahaman akan prinsip akuntansi dan keterampilan dalam menyusun laporan keuangan oleh pengurus koperasi tidak bisa dipandang sebelah mata, karena hal ini merupakan dasar utama untuk memastikan keberlanjutan koperasi kita dengan memiliki data keuangan yang akurat kita dapat bersama-sama membuat keputusan yang tepat, mengidentifikasi potensi masalah dan merumuskan strategi pengembangan yang lebih baik untuk kedepannya.
“Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini akan selalu berkomitmen, jadi kami sebagai Penjabat Bupati dan mungkin juga Ibu Pj Ketua Tim Bergerak PKK Kabupaten HSS akan selalu berkomitmen agar perkembangan koperasi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini akan terus kita tingkatkan”,ungkap Pj. Bupati
Sebelumnya, dalam laporannya Kepala Disnaker KUKMP Kab. HSS Hj Siti Erma menyampaikan tujuan diselenggarakannya Pelatihan Akuntansi Dan Penyusunan Laporan Bagi Pengurus Dan Pengelola Koperasi ini agar setiap pengurus koperasi memahami aturan yang digunakan dalam penyusunan laporan keuangan koperasi, dapat menyusun dengan lengkap laporan keuangan koperasi, serta dapat memahami cara-cara mengatasi persoalan dalam penyusunan laporan keuangan koperasi.
“Dan Juga untuk menambah pengetahuan dan keterampilan bagi pengurus, pengelola usaha koperasi dengan prinsip-prinsip akuntansi sehingga keuangan koperasi berjalan tertib, dan memahami ketentuan umum penyusunan laporan keuangan”,tambahnya.
Disampaikan juga, kegiatan tersebut narasumber yang diundang dalam menyampaikan materi dari LP2UKM Banjarmasin.
Dalam kesempatan itu, Pj. Bupati HSS menyempatkan diri meninjau keadaan Disnaker KUKMP Kab. HSS dan menyapa para karyawan karyawati

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *