Uncategorized

PEMKAB HSS PERINGATI PERANG KEMERDEKAAN 2 JANUARI 1949 DI NAGARA

Awan mendung yang menyelimuti langit Daha pada pagi ini tidak menyurutkan jalannya prosesi Upacara Peringatan Perang Kemerdekaan 2 Januari 1949 ke-75 Tahun 2024, upacara tetap dilaksanakan dan berlangsung dengan khidmat di Halaman Pasar Hamayung Jalan Tugu 2 Januari 1949 Daha Utara, Selasa (02/01/2024).
Upacara tersebut diwarnai suguhan penampilan teater kolosal Palagan yang disajikan SMA 1 Daha Utara sebagai kilas balik para pejuang Nagara melawan belanda dengan semangat jihad yang berkobar.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara pada kegiatan ini adalah Plh. Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs.H. Muhammad Noor M.AP dan peringatan Palagan Nagara turut diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, PNS, TNI POLRI, Kepala Desa, Samping Desa, Barisan Pemadam Kebakaran dan juga dari BNDHSS (Bubuhan Nagara Daha HSS), unsur Pejabat Pemerintah Kab. HSS dan Ketua DHC 45 Kab. HSS.

Dalam amanatnya Plh Bupati HSS menyampaikan bahwa melalui Peringatan yang ke-75 Perang Kemerdekaan 2 Januari ini hendaknya dapat membangun kesadaran kita bersama, bahwa persatuan dan kesatuan merupakan modal utama untuk melangsungkan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, sejak dahulu sampai dengan masa sekarang.
“Berbagai perbedaan yang ada di masyarakat adalah suatu dinamika yang perlu kita hormati bersama, dengan tetap menempatkan rasa persatuan dan kesatuan di atas segala-galanya, kita sudah memasuki tahun 2024 dimana pada tahun ini akan dilaksanakan pemilihan umum untuk memilih para wakil rakyat, Presiden dan Wakil Presiden, serta kepala daerah tentunya tidak semua kita akan memiliki kesamaan pilihan mari kita sikapi dengan arif dan bijaksana serta tidak mudah terpancing informasi yang tidak benar yang akan merusak kebersamaan diantara kita, saya percaya masyarakat Nagara Daha dapat bersikap dewasa pada gelaran pesta demokrasi yang akan kita laksanakan”, ucapnya
Lebih lanjut Plh Bupati HSS juga berharap dengan kegiatan upacara peringatan pada hari ini agar dapat menjadi renungan dan menghayati arti sebuah perjuangan dan pengorbanan sehingga menjadi inspirasi untuk turut berperan aktif dalam pembangunan sesuai dengan peran, fungsi dan kewenangan kita masing-masing, jadikan para pendahulu dan para tokoh pejuang sebagai inspirasi dan contoh guna bersama sama saling bahu-membahu membangun Kab. HSS yang lebih baik lagi
Usai pelaksanaan upacara dilakukan penyerahan bantuan kepada para pejuang veteran atau keluarga veteran yang langsung diserahkan oleh Plh. Bupati Hulu Sungai Selatan.Plh Bupati HSS juga menyempatkan diri meninjau Tugu 2 Januari yang tidak jauh berada disamping tempat pelaksanaan upacara.
Turut berhadir Wakil Bupati HSS Periode 2018-2023 Syamsuri Arsyad, S.AP MA, Forkopimda HSS, Anggota DPRD HSS, Kepala Perangkat Daerah, Camat 3 Daha, Ketua MUI Kec.Daha Utara, Alim Ulama,Guru Agama, serta Keluarga Pejuang Perang Kemerdekaan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *