Uncategorized

FESTIVAL LOKSADO 2023 HADIRKAN PESONA ALAM DAN BUDAYA

Pada hari ketiga kegiatan Festival Loksado Tahun 2023, dilaksanakan puncak festival dengan wisata Bamboo Rafting dengan diikuti ratusan peserta yang diadakan di Alam Roh Tujuh Resort Desa Lok Lahung Kecamatan Loksado, Minggu (09/07).
Sebelum dimulainya acara, perwakilan Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI, Kepala Dinas Pariwisata Prov. Kalsel, Bupati HSS, Sekda Kab. HSS serta Forkopimda mengunjungi stand-stand bazar UMKM dan ekonomi kreatif di kawasan Alam Roh Tujuh Resort.

Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel yang sudah berhadir pada festival Loksado.
“Ini menjadi support bagi kita untuk terus mengembangkan loksado sebagai objek wisata, salah satunya bamboo rafting. Harus ada inovasi yang baru agar orang selalu tertarik, kita akan mencari format kedepannya agar bamboo rafting ini menjadi ikon Hulu Sungai Selatan,” kata Bupati.
Dikatakan juga oleh Bupati Achmad Fikry, kegiatan ini bukan hanya wisata yang digerakkan, tapi pergerakan ekonomi juga dilakukan.

Dalam sambutan Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI yang diwakili oleh Arum Damarintiyas (Analis Kebijakan Ahli Muda/Penanggung Jawab (PIC) Kharisma Event Nusantara Wilayah Kalimantan), mengatakan Festival Loksado ini menunjukkan komitmen Pemerintah Daerah dan semangat masyarakat HSS untuk terus menjaga harmonisasi alam sekitar dan budaya yang hidup di Kab. HSS.
“Budaya ini untuk mendorong pertumbuhan kunjungan wisatawan seperti kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat HSS,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Kalsel yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Prov. Kalsel Muhammad Syarifudin, M.Pd sekaligus membuka secara resmi Puncak Festival Loksado Tahun 2023 merasa bangga dan sangat mengapresiasi kepada Bupati HSS dan jajarannya yang berupaya memajukan pariwisata dengan penyelenggaraan Festival Loksado secara berkelanjutan.
“Melalui festival ini, informasi tentang kekayaan budaya, kekayaan alam, dan keunikan pariwisata di daerah Loksado akan tersebar luas. Promosi menjadi bagian penting dalam kemajuan pariwisata, jangan berharap pariwisata bisa maju jika lemah dalam hal promosi. Daerah loksado menjadi potensi objek wisata yang sangat berpotensi terutama bamboo rafting,” tutur Beliau.
Menandai acara Puncak Festival Loksado, dimulai dengan Atraksi Kurung-kurung oleh perwakilan Menparekraf RI, Bupati HSS dan Kepala Dispora Prov. Kalsel. Kemudian sebagai penutup rangkaian acara, Pelepasan Bamboo Rafting oleh perwakilan Menteri Parekraf, perwakilan Gubernur Kalsel, Bupati HSS dan Forkopimda HSS yang dimulai dari Alam Roh Tujuh Resort dan berakhir di Cottage Gunung Kantawan.
Turut hadir, Forkopimda HSS, Sekda Kab. HSS, para Pejabat lingkup Kab. HSS, pimpinan instansi vertikal, BUMN, BUMD, Ketua MUI Loksado, dan para peserta Festival Loksado.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *