Uncategorized

DUKUNG KABUPATEN TANGGAP ANCAMAN NARKOBA, BNNK HSS GELAR RAKOR

Badan Narkotika Nasional Kabupaten Hulu Sungai Selatan (BNNK HSS) menggelar Rapat Koordinasi Pengembangan & Pembinaan Kabupaten/Kota Tanggap Ancaman Narkoba (Kotan) bertempat di Aula Kecamatan Kandangan, Kamis (25/05).
Acara yang digelar dalam rangka optimalisasi sumber daya Desa Bersinar dalam mendukung Kab. HSS tanggap ancaman narkoba ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab. HSS Drs. H. M. Noor, M.AP, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. HSS Susilo Adianto, S.STP, M.Si, para Kapolsek dan Danramil, serta para Camat, Kepala Desa, dan Ketua BPD Desa Bersinar Kab. HSS.

Kepala BNNK HSS, Agus Winarti, M.PH menyampaikan bahwa rapat ini merupakan kelanjutan dari rapat koordinasi yang telah dilakukan di Aula Kecamatan Daha Utara bulan Februari yang lalu, dimana pada saat itu kita mendorong partisipasi Desa dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba terutama di desa-desa yang telah ditetapkan oleh Bupati HSS sebagai Desa Bersinar.
“Sampai saat ini ada 8 desa yang sudah ditetapkan yakni Desa Tibung Raya, Desa Lungau, Desa Karasikan, Desa Durian Rabung, Desa Jembatan Merah, Desa Balimau, Desa Mandala dan Desa Samuda di Daha,” ungkapnya.
Menindaklanjuti hal ini pihaknya mengambil langkah-langkah lanjut, berupa menginisiasi pembentukan forum Komunikasi Desa Bersinar dari 8 desa. Guna memudahkan koordinasi dan komunikasi agar menjadi lebih efisien dan efektif dalam kegiatan maupun pemberian informasi dari Pemerintah Desa kepada BNN atau sebaliknya.
“Semoga dengan adanya forum Komunikasi ini sinergitas BNN dengan Pemerintah Desa akan lebih intens terjalin dengan tujuan yang sama yakni mewujudkan desa yang bersih dari narkoba,” harapnya.
Melalui partisipasi masyarakat desa ini diharapkan agar terwujudnya kesiapsiagaan dan kepedulian akan permasalahan narkoba. Sehingga dapat bersinergi antara BNN, Pemerintah Daerah, Dan Pemerintah Desa untuk mewujudkan Kabupaten tanggap ancaman narkoba.

Kemudian pada rangkaian acara ini dilanjutkan dengan peresmian pembentukan Forum Komunikasi Desa Bersinar oleh Sekda H. M. Noor dan penandatanganan komitmen bersama yang dilakukan oleh Sekda, Kepala Dinas PMD, Kepala BNNK kemudian dilanjutkan oleh para Camat dan Kepala Desa di wilayah Desa Bersinar.
Sekda yang dalam hal ini mewakili Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP menyampaikan harapannya agar melalui kegiatan peresmian Forum Komunikasi Desa bersinar dan penandatanganan komitmen bersama tersebut program P4GN di Desa Bersinar dapat semakin optimal sebagaimana berdasarkan Instruksi Presiden No. 2 Tahun 2020.
“Menindaklanjuti hal itu maka sesuai kesepakatan melalui musyawarah desa bersama BNN, selanjutnya Desa Bersinar telah menyusun anggaran pelaksanaan program P4GN di desa melalui Dana Desa. Kita harap kegiatan P4GN dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan dan berkesinambungan untuk mendukung terwujudnya Kabupaten tanggap ancaman narkoba, sehingga hal ini sesuai dengan tema kegiatan pada hari ini,” jelas Sekda.
Lebih lanjut, Sekda juga menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak yang selama ini telah berperan aktif dalam mendukung upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba di Kabupaten HSS.
“Semoga ke depan upaya kita dapat lebih baik lagi dan semakin banyak lagi desa yang bersih dari narkoba,” kata Sekda.
(Kominfo-HSS/MM/25052023)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *