Uncategorized

APRESIASI GIAT PKK, BUPATI: KESEJAHTERAAN KELUARGA DITOPANG OLEH PROGRAM PKK SEBAGAI MITRA PEMDA

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Kab. HSS) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Selatan Tahun 2023 di Pendopo Bupati HSS, pada Kamis (25/05).

Acara dibuka secara resmi oleh Bupati HSS Drs H. Achmad Fikry, M. AP dan dihadiri Sekretaris Daerah Kab. HSS Drs. H. M. Noor, M. AP serta Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab HSS, para Camat, jajaran pengurus TP PKK Kab. HSS dan TP PKK Kecamatan se-Kabupaten HSS.
Tujuan diadakannya rakor ini guna memantapkan kelembagaan/kesekretariatan yang berkenaan dengan Program Kerja TP. PKK Kab. HSS, mengintensifkan penyuluhan dan sosialisasi pada masing-masing pokja serta meningkatkan sinkronisasi koordinasi ketua Pokja I – IV se Kab. HSS, dengan jumlah peserta rakor sebanyak 250 orang yang terdiri dari pengurus TP. PKK Kabupaten, Ketua TP. PKK Kecamatan beserta sekretaris, serta ketua TP. PKK Desa/Kelurahan.

Ketua TP. PKK Kab. HSS Hj. Isnaniah Achmad Fikry berpesan rapat koordinasi (Rakoor) ini menjadi momentum yang tepat untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan PKK agar semakin dekat keberadaannya bagi masyarakat.
“Saya berharap peran aktif seluruh peserta, para pengurus TP. PKK Kabupaten, dan TP. PKK Kecamatan beserta TP. PKK Desa/Kelurahan untuk memberikan bimbingan, pembinaan, dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada kader-kader pkk termasuk kader dasawisma, karena kepada merekalah sesungguhnya terletak fungsi kinerja dan program-program PKK”, ucapnya.
Lebih lanjut beliau mengungkapkan, sebagai mitra pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, TP. PKK harus menyusun program kerja yang terencana dan tepat sehingga hasil yang dicapai akan menyatu dengan program pemerintah daerah. Sehingga melalui rakor ini kita dapat mengevaluasi program kerja terdahulu untuk selanjutnya diperbaiki dan disempurnakan.
Sementara Bupati HSS mengapresiasi terselenggaranya Rakor TP. PKK Kab. HSS ini, demi menguatkan sinergi TP. PKK Kabupaten dengan Kecamatan dalam menjalankan program-programnya, selanjutnya beliau juga mengungkapkan tugas pemerintah dalam hal peningkatan kesejahteraan keluarga ditopang oleh kegiatan PKK sebagai mitra pemerintah daerah termasuk dalam upaya menurunkan angka stunting dan menekan kematian ibu dan bayi pada saat melahirkan.

Ditandai dengan sentuhan pada layar monitor, aplikasi SIAPKK Sehati secara resmi dilaunching oleh Bupati HSS H. Acmad Fikry bersama Ketua TP.PKK Hj. Isnaniah. Aplikasi SiaPKK Sehati merupakan aplikasi untuk membantu pengelolaan sistem informasi dan data tentang berbagai kebijakan, program, dan kegiatan yang diharapkan mampu memberi data dan informasi secara cepat, tepat, akurat, dan menyeluruh mulai dari tingkat Dasawisma, TP PKK Desa/Kelurahan, TP PKK Kecamatan, dan TP PKK Kabupaten/Kota.
Pada rangkaian acara selanjutnya bagi kader PKK yang dinyatakan masuk kategori berpenghasilan rendah mendapatkan bantuan yang diserahkan oleh Ketua TP. PKK Kab. HSS yang diterimakan dan diwakilkan oleh Sekretaris TP. PKK masing–masing Kecamatan se-Kab. HSS.
Pada akhir rangkaian kegiatan rakor ini juga diadakan seminar dengan menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya dari Bappelitbangda Kab. HSS, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kab. HSS, Sekretaris TP. PKK Kab. HSS, Ketua masing masing Pokja I – IV TP. PKK Kab. HSS.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *