Uncategorized

PERINGATI HARI BERSEJARAH 17 MEI 1949, WABUP HSS BERSAMA DANLANAL BANJARMASIN KUNJUNGI MONUMEN PERJUANGAN

Selepas mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-74 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI DIVISI IV Pertahanan, Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, S.AP, MA, bersama Komandan Lanal (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, M.H, mengunjungi monumen-monumen perjuangan yang ada Kabupaten HSS. Rabu (17/05/2023).

Lokasi pertama Wabup HSS bersama Danlanal Banjarmasin mengunjungi Museum Rakyat HSS yang bertempat di Desa Hamalau, Kecamatan Sungai Raya, kemudian dilanjutkan ke Desa Hulu Banyu, Kecamatan Loksado, untuk mengunjungi Monumen 17 Mei 1949/Tugu Niih.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati HSS dalam wawancaranya menuturkan bahwa peristiwa 17 Mei 1949 ini merupakan sejarah yang sangat berharga bagi Kalimantan, karena pada tanggal 17 Mei 1949 inilah kemerdekaan Republik Indonesia diproklamasikan di Kalimantan.
“Maka oleh sebab itu kita harus selalu memperingatinya sebagai bentuk rasa hormat dan bangga kita kepada Bapak Brigjend H. Hasan Basry beserta para pejuang di Kalimantan yang telah berjuang untuk memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia”, tuturnya.
Lebih lanjut Wakil Bupati HSS mengatakan bahwa nilai-nilai kejuangan ini harus selalu diwariskan ke generasi selanjutnya.
Sementara itu Danlanal Banjarmasin dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Wakil Bupati HSS dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten HSS yang telah mengajaknya mengunjungi langsung monumen-monumen perjuangan yang ada di Kabupaten HSS.
“Kami sangat terkesan bisa berkunjung dan melihat langsung monumen-monumen perjuangan ini, tentu ini merupakan sejarah yang sangat berharga dan harus selalu kita ingat dan kita wariskan kepada generasi muda. Dengan adanya monumen-monumen ini kita bisa melihat perjuangan pahlawan kita dalam memerdekakan Republik Indonesia, tentu kita harus menjaga sebaik-baiknya sejarah ini”, ucapnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *