Uncategorized

MUSRENBANG RKPD PROVINSI KALSEL TAHUN 2024 : HSS BORONG 3 KATEGORI PENGHARGAAN

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kalsel Tahun 2024 bertempat di Gedung Idham Chalid Perkantoran Setda Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Kamis (13/04).
Kegiatan ini digelar dengan maksud memperoleh saran dan masukan dari seluruh stakeholder pembangunan yang ada di Provinsi Kalsel terhadap RKPD Tahun 2024 agar rancangan RKPD dapat disempurnakan.

Mewakili Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP Musrenbang kali ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab. HSS, Drs. H. Muhammad Noor didampingi oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kab. HSS M. Arliyan Syahrial, M.Pd.
Musrenbang yang mengusung tema “Peningkatan Kualitas Daya Saing Daerah Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Inklusif” digelar secara hybrid dengan jumlah peserta kurang lebih 500 orang dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H.

Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin ini dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar jajaran SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi, Kabupaten, dan Kota agar dalam penyusunan program pembangunan memperhatikan arah kebijakan dan prioritas pembangunan yang ingin diwujudkan.
“hadirkanlah program dan kegiatan pembangunan yang berorentasi pada kemakmuran dan kesejahteraan rakyat,” pinta Paman Birin.

Di kesempatan ini, Kabupaten HSS kembali menerima sejumlah penghargaan dari Pemprov Kalsel yakni Kinerja Terbaik Kluster Edukasi Perilaku Hidup Sehat dan sekaligus Juara Umum dalam Kategori Pelaksanaan Germas Tahun 2022, Terbaik 1 kategori Pelaksanaan Pembangunan Daerah (PDD) Tahun 2023, Terbaik 1 Penilaian Kinerja dalam Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Tahun 2022 Periode Penilaian Tahun 2021, dan Terbaik Kategori Entry Data ePPGBM Penilaian Kinerja dalam Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Tahun 2022. Ke-3 kategori penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Kalsel kepada Sekretaris Daerah Kab. HSS.

Dalam wawancaranya, Sekda mengaku bersyukur dan bangga HSS telah meraih Juara Umum. Ia juga mengharapkan agar hal itu bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan untuk kedepannya.
“Ini berkat kerja keras kita semua, sehingga bisa mempersembahkan yang terbaik kepada Hulu Sungai Selatan. Dan kita mengucapkan selamat kepada seluruh kepala OPD terutama kepada Kepala Bapelitbangda yang menjadi motor penggerak semua ini,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Bappelitbangda mengatakan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari mempedomani apa yang diinstruksikan oleh pimpinan daerah selama ini, bahwa pihaknya bekerja dengan seharusnya, bukan kerja seadanya.
“Ini kita kolaborasikan dalam bentuk intervensi masing-masing perangkat daerah, yang bekerjasama antar masing masing pusat, sehingga menghasilkan daya dobrak yang lebih baik dibandingkan bekerja sendiri-sendiri,” jelasnya.
Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua DRPD Prov. Kalsel, Forkopimda Prov. Kalsel, Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Staf Ahli Menteri Hubungan Kelembagaan Kementerian PPN Bappenas RI, Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Direktur Pengembangan Infrastruktur Regional Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Para Pimpinan Instansi Vertikal se-Prov. Kalsel, Kepala Daerah se-Prov. Kalsel, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemprov Kalsel, dan Pimpinan Perguruan Tinggi.
(Kominfo-HSS/MM/13042023)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *