Uncategorized

PERSAGI HSS PERINGATI HARI GIZI NASIONAL KE 63, CEGAH STUNTING DENGAN PROTEIN HEWANI

Persatuan Ahli Gizi Hulu Sungai Selatan atau Persagi HSS bersama Pemerintah Kabupaten HSS, memperingati Hari Gizi Nasional ke-63 tahun 2023. Peringatan ini dilaksanakan di Aula Terbuka Kantor PT. Rezky Setia Abadi, Jl. Pahlawan No. 29 Kandangan, Kabupaten HSS. Sabtu (25/02).

Acara ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj. Isnaniah Achmad Fikry yang diwakili oleh Wakil Ketua Pokja 4 TP PKK Kab. HSS Syaira Kausari, SKM, Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. HSS Daru Priyanto, SKM, Sekretaris Pokja 4 TP PKK Kab. HSS Hj. Fitriyani, AMG, Ketua DPC Persagi HSS Misdiah Sari, S. ST, Para jajaran pengurus dan anggota Persagi HSS, para ibu hamil serta para ibu yang mempunyai anak balita.
Kegiatan ini, diawali dengan menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya dan Mars Gizi, kemudian dilanjutkan laporan dari Ketua DPC Persagi HSS, dilanjutkan dengan sambutan dan arahan Ketua TP PKK yang dibacakan oleh Wakil Ketua Pokja 4 TP PKK Kab HSS, selanjutnya diisi dengan penyuluhan Gizi seimbang & isi piringku oleh petugas gizi, setelah itu dilanjutkan penyerahan paket PMT balita gizi kurang & ibu hamil, dan diakhiri dengan pemotongan tumpeng Hari Gizi Nasional ke 63 Tahun 2023.

Ketua DPC Persagi HSS Misdiah Sari, S. ST dalam laporannya, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan surat dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia tanggal 23 Januari 2023 Nomor 08/HGN-63/1/2023 Perihal Pemberitahuan Rangkaian Kegiatan pada acara Hari Gizi Nasional (HGN) ke-63 untuk melaksanakan acara kampanye konsumsi protein hewani didukung dengan penyediaan PMT balita di Posyandu yang mengandung tinggi protein hewani seperti ikan ayam, telur, susu dan hasil olahannya dengan mengacu pada program Isi Piringku, dimana komposisi isi piring adalah makanan pokok, sayuran, buah-buahan, lauk hewani dan nnabati.
Disampaikan juga tema HGN Tahun 2023 yakni “Cegah Stunting dengan Protein Hewani”, adapun tujuan dari peringatan ini adalah agar masyarakat menyadari pentingnya asupan makanan bergizi bagi tubuh dan membangun kebersamaan masyarakat dalam upaya menjaga kesehatan melalui menu gizi seimbang.

Dilaporkan pula, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan DPC Persagi HSS antara lain : pertama, Pemberian TTD Remaja Puteri dan edukasi Gizi seimbang melalui isi piringku di sekolah SMP dan SMA se Kab. HSS bekerjasama dengan PKK; kedua, Pemberian paket PMT olch Dinas Kesehatan, bekerjasama dengan PKK dan Puskesmas; ketiga, Lomba masak oleh PKK Kab. HSS; keempat, Pelaksanaan Hari Gizi di Posyandu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, PKK Kecamatan, Kepala Desa, PKK desa Kab. HSS; kelima, Demo masak MP-ASI di Posyandu oleh Petugas gizi dan PKK desa; keenam, melaksanakan seminar gizi tentang stunting di RS Hasan Basry; ketujuh, pada hari ini melaksanakan senam Bersama anggota Persagi, penyuluhan Isi piringku dan Gizi seimbang dengan menghadirkan balita dan ibu hamil di Posyandu Pokbang Harapan binaan dari PT Rezky Setia Abadi dan bekerjasama dengan RSIA Permata Bunda; kedelapan, Ziarah kepada senior anggota Persagi alm Hj Fathuriah/Ibu Ifat di Desa Kapuh, beliau petugas gizi senior yang semangat dalam menjalankan tugas sebagai ahli Gizi.Beliau menginspirasi agar tetap memberikan pelayanan gizi terbaik untuk masyarakat Indonesia khususnya Kab HSS.
Mengakhiri laporannya, Ketua DPC Persagi HSS berharap dengan semangat Hari Gizi Nasional ke 63 ini, dapat menjadi salah satu kegiatan yang dapat mengutamakan upaya bersama berbagai pemangku kepentingan terhadap komitmen, kampanye, edukasi, akses pangan bergizi dan monitoring program sehingga akan tercipta SDM yang sehat, cerdas, dan tangguh.
Dalam sambutan tertulis, Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj. Isnaniah Achmad Fikry yang dibacakan oleh Wakil Ketua Pokja 4 TP PKK Kab. HSS Syaira Kausari, SKM menyambut baik terlaksananya kegiatan peringatan hari gizi nasional tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Persatuan Ahli Gizi (PERSAGI) Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada hari ini. Saya berharap agar melalui kegiatan peringatan ini menjadi momentum bagi kita semua untuk bersama – sama mengatasi stunting di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Hal ini juga selaras dengan tema kegiatan kali ini, “Cegah Stunting Dengan Protein Hewani”. Dimana tema ini di latar belakangi oleh banyaknya kasus stunting yang terjadi pada anak akibat beberapa faktor, dimana salah satunya adalah kurangnya asupan protein hewani.
Sebagaimana kita ketahui bahwa protein hewani diperlukan oleh tubuh dan efektif dalam pencegahan stunting. Untuk itu, balita kita diharapkan mendapatkan asupan protein hewani sesuai dengan kebutuhan mereka. Termasuk tentunya dengan menerapkan gizi seimbang. Oleh karena itu, kegiatan peringatan hari gizi ini menjadi media kita bersama untuk saling bersinergi mengatasi stunting di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
Hari Gizi Nasional yang diperingati ini juga menjadi momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari kita semua untuk bersama – sama membangun gizi menuju bangsa yang sehat dan berprestasi.
Dikatakan juga, angka stunting di indonesia masih tergolong tinggi, meskipun sudah mengalami penurunan. Masih diperlukan upaya untuk mencapai target penurunan stunting di tahun 2024 sebesar 14%. Gizi harus dapat kita penuhi sejak dari ibu hamil dan menyusui serta pada makanan pendamping asi balita.
Menutup sambutannya, disampaikan Negara kita memiliki kekayaan alam yang melimpah. Kendala nya hanya pada konsumsi protein hewani per kapita yang masih tergolong rendah. Oleh karena itu saya berharap agar melalui kegiatan peringatan hari gizi dan penyuluhan pada hari ini dapat menjadi upaya kita bersama meningkatkan konsumsi protein hewani di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *