Uncategorized

KECAMATAN SIMPUR MENJADI TITIK PERTAMA MUSRENBANG RKPD TAHUN 2024

Di awal tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) kembali melaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kab. HSS tingkat Kecamatan untuk Tahun 2024

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP didampingi oleh Sekretaris Daerah Kab. HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP. Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Simpur, pada Selasa (10/01/23).
Musrenbang tingkat Kecamatan merupakan tahapan kedua setelah sebelumnya dilaksanakan Musrenbang pada tingkat desa dan kelurahan. Musrenbang tingkat Kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dilaksanakan dari tanggal 10 Januari 2023 s.d. 2 Februari 2023. Dimana pada kesempatan pertama ini Kecamatan Simpur dipilih menjadi titik pertama pelaksanannya.
Dengan adanya Musrenbang tingkat Kecamatan ini diharapkan dapat menjaring aspirasi masyarakat tentang kebutuhan pembangunan pada tahun perencanaan. Sehingga dalam pelaksanaan pembangunan daerah akan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Di awal kegiatan terlebih dahulu disampaikan laporan oleh M. Taufiqurrahman, S.STP, M.Si selaku Camat Simpur. Dalam laporannya beliau mengatakan pada awalnya usulan yang diterima untuk Kecamatan Simpur sangat banyak, namun pada kegiatan Pra-Musrenbang Tahun ini sudah dikerucutkan menjadi 33 usulan. Seluruh usulan tersebut mencakup Bidang Infrastruktur, Bidang Sosial Budaya, dan Perekonomian.
Beliau juga menyampaikan capaian perkembangan desa di Kecamatan Simpur pada 4 tahun terakhir, yang mana diawal tahun 2023 ini diketahui meningkat menjadi 5 desa berkembang dan 6 desa maju. Selain itu, Kecamatan Simpur menjadi kecamatan pertama yang berpredikat Stop BABS.
Lebih lanjut dikatakannya, sebagai penutup Tahun 2022, desa Kapuh juga meraih prestasi sebagai desa Terbaik 1 pada lomba PATBM tingkat Provinsi Kalsel.
Untuk itu, Beliau mewakili seluruh warga Kecamatan Simpur mengucapkan terimakasih atas segala arahan, bimbingan, dan perhatian Bupati HSS beserta seluruh jajaran yang telah melaksanakan pembangunan dan berbagai program di Kecamatan Simpur baik yang dapat dilihat dan dirasakan secara langsung seperti jalan dan jembatan, ataupun program – program yang tidak dapat dilihat namun dapat dirasakan langsung seperti BPJS gratis, Jaminan Hidup bagi Lansia, Beras Gratis, dan sebagainya.
Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP dalam wancaranya menjelaskan tidak semua usulan desa dan kecamatan itu bisa diakomodir, karena sistem Musrenbang ini memadukan bottom up dan top down antara perencanaan dibawah dengan kebijakan pemerintah termasuk kemampuan keuangan daerah.
Musrenbang Kecamatan ini dihadiri oleh perwakilan anggota DPRD Kab. HSS, Asisten 1 Setda Kab. HSS, Staf Ahli, para Kepala Perangkat Daerah lingkup Kab. HSS, Forkopimcam, TP-PKK Kec. Simpur, Kepala Instansi vertikal Kec. Simpur, para Kepala Desa beserta Ketua BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, Forum Anak, dan berbagai stakeholder terkait dengan pelaksanaan pembangunan di tingkat Kecamatan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *