Uncategorized

Berbagai Macam Olahan Waluh Nagara Menjadi Kuliner di Hari Jadi Kecamatan Daha Barat ke-16

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry M.AP bersama Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad S.AP MA serta Sekretaris daerah (Sekda) Kab. HSS Drs. H. Muhammad Noor M.AP yang didampingi istri masing-masing, hadiri acara peringatan Hari Jadi (Harjad) Kecamatan Daha Barat ke-16, bertempat di Gedung Serba Guna Kecamatan Daha Barat, Rabu (21/12/2022).

Pada Peringatan Harjad ke-16 Kecamatan Daha Barat ini, tema yang diusung adalah “Daha Barat Bajukung Bersama Menjunjung Kesatuan, Masyarakat Himung.” dengan rangkaian kegiatan yang dimeriahkan dengan bermacam lomba dan pertandingan, seperti lomba Maunjun Papuyu, lomba mewarnai, lomba Adzan, Pertandingan Balogo serta Bulu Tangkis.

Dalam laporan Camat Daha Barat Ahmad Yani, S, Sos,M.IP menyampaikan kegiatan hari jadi Kecamatan Daha Barat ke-16 ini di meriahkan dengan stand yang terdiri dari 7 stand desa, stand Puskesmas dan stand BPP dengan kuliner unik berbahan waluh nagara yang diolah menjadi paus waluh, puding waluh, gumpal waluh, bikang waluh, talak waluh, dan kolak waluh serta bola waluh isi coklat lumer dan tidak lupa makanan lainnya berupa nasi bungkus, lontong dan lapat.
“Selain itu, masyarakat yang menikmati kuliner stand akan mendapatkan kupon, yang mana untuk bersaing mendapatkan hadiah, berupa kulkas, kipas angin, alat memasak, sprei dan puluhan hadiah hiburan lainnya.” Ujarnya.

Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry M.AP pada kesempatan ini menyampaikan selamat hari jadi Kecamatan Daha barat ke-16 kepada seluruh masyarakat yang ada di kecamatan Daha barat.
“Tentunya dengan bertambahnya usia ini, akan menjadi Kecamatan Daha Barat semakin maju dan semakin mandiri dalam melaksanakan pembangunan di wilayahnya sekaligus juga terus berbenah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai mana yang di harapkan.” Kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan bahwa selama 2 tahun ini, kegiatan peringatan hari jadi di kecamatan tidak dilaksanakan karena kondisi covid 19.
“Alhamdulillah pada tahun ini kegiatan kembali dapat dilaksanakan. Semoga kemeriahan peringatan Hari Jadi Kecamatan Daha barat ke-16 ini dapat memberikan dampak positif bagi kita semua. Sehingga masyarakat dapat merasakan nuansa kebersamaan dan kebahagiaan.” Jelas Bupati.

Pada kesempatan ini, beliau juga berharap kearifan lokal masyarakat Daha Barat ini harus terus dipelihara potensinya, seperti perikanan peternakan dan pertanian yang hendaknya tetap dipelihara agar tetap lestari sampai di masa mendatang.
HUT Kecamatan Daha Barat ke-16 juga dirangkai dengan Peresmian Pusat belajar Masyarakat atau PKMB Mambaul Ulum Kec. Daha Barat dan Ruang Lap Komputer beserta perabotnya dan ruas UKS beserta perabotnya di SMPN 1 Daha Barat dan juga Penyerahan Hadiah kepada para pemenang lomba dalam rangka memeriahkan Harjad Kec.Daha Barat
(KOMINFOHSS/AR/2022)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *