Uncategorized

BUPATI DAN JAJARAN PEMKAB HSS SAMBUT HANGAT KEPULANGAN PARA QARI-QARI’AH ASAL HSS

Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXIX Tahun 2022, telah usai dilaksanakan, dimana tahun ini Kalimantan Selatan bertindak selaku tuan rumah pelaksanaan ajang bergengsi ini. Penutupan acara sendiri dilaksanakan tadi malam, bertempat di Astaka Utama Kiram Park, Kabupaten Banjar oleh Wakil Menteri Agama RI, Dr. H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si. Kalsel sendiri selaku tuan rumah sukses menyabet beberapa prestasi bergengsi yang membuat tuan rumah menjadi Juara Umum III, setelah Jawa Timur dan DKI Jakarta. Dan dari sederet prestasi yang membuat Kalsel meraih Juara Umum III ini, sebagian diantaranya merupakan sumbangsih dari para Qari / Qari’ah asal Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Bertempat di Pendopo Bupati Kandangan, siang ini para Qari-Qa’riah yang ikut mengharumkan nama Kalsel ini, disambut kedatangannya dengan hangat oleh Bupati dan seluruh Jajaran Pemkab HSS, termasuk Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah. Kedatangan mereka yang langsung dari Banjarbaru, disambut dengan untaian bunga melati sekaligus syukuran atas prestasi yang telah dicapai. Bahkan Dari 5 orang utusan HSS yang dikirimkan untuk mendukung Kafilah Kalimantan Selatan, 4 diantaranya sukses meraih prestasi membanggakan. Mereka adalah : Kamaruddin sebagai Juara I Cabang Qira’at Mujaawad Dewasa Putera, Zainul Hifzi sebagai Juara I Cabang Tafsir Al-Qur;an Bahasa Indonesia Putera, Musti’ana Aisyi sebagai Juara III Cabang Qira’at Muratthal Remaja Puteri dan Karimatun Nupus sebagai Juara Harapan I Cabang Fahmil Qur’an Puteri. Hanya Muhammad Saifullah yang turun dalam Cabang Hifzil Qur’an Golongan 30 Juz Putera, yang belum berhasil masuk nominasi.

Sesaat sebelum santap siang, dalam sambutannya Bupati Drs. H. Achmad Fikry, M.AP menyampaikan rasa syukur dan bangganya akan prestasi yang telah dicapai oleh Kamaruddin, dkk.
“Ini prestasi yang sangat membanggakan di ajang Nasional, karena dari total point 62 yang membawa Kalsel sebagai Juara Umum III, 11 diantaranya disumbangkan oleh HSS. Artinya HSS termasuk Kabupaten yang turut andil meningkatkan prestasi Kafilah Kalsel, sehingga meningkat pula peringkatnya dari yang semula berada di urutan Ke-21 pada MTQ sebelumnya, kini menduduki peringkat Ke-3” tuturnya.

Bupati juga menambahkan bahwa prestasi ini harus dipertahankan, sehingga ke depan diharapkan agar LPTQ HSS dan Ipqah HSS sudah sedari sekarang menyiapkan format untuk mempersiapkan kader-kader penerus para qari-qariah yang berprestasi ini. Sehingga prestasi ini terus bisa menjadi milik HSS di masa mendatang.
H. Achmad Fikry juga mengucapkan terima kasih kepada para pelatih dan mentor yang telah menggembleng para utusan HSS ini sehingga bisa mencapai prestasi seperti sekarang ini.
Saat ditanya wartawan tentang kemungkinan reward atau bonus bagi para qari-qari’ah ini, sambil tersenyum Bupati memastikan bahwa sudah sedari dulu Pemkab HSS memang selalu memberikan penghargaan kepada setiap warganya yang telah mengharumkan nama daerah. Namun mengenai bentuk dan besarannya akan diinformasikan kemudian.
Kepulangan para qari-qari’ah HSS sendiri ternyata ikut didampingi salah seorang qari senior asal HSS yang kini telah menjadi Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, yakni H. Syarifuddin, yang kebetulan menyempatkan diri untuk ikut ke Kandangan, sebelum pulang ke Jakarta. Turut hadir Kepala Kementerian Agama HSS, para Kepala OPD, Ketua dan Para Pengurus Ipqah HSS.
(Kominfo-HSS/AJP/19102022)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *