Uncategorized

BUPATI DUKUNG RENCANA PENYELENGGARAAN HAUL DATU BALIMAU KE-187

Tak salah kalau Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) memiliki visi agamis, karena warga masyarakat di daerah ini sudah sejak dulu memang sangat lekat dengan kehidupan beragama. Apalagi banyaknya tokoh ulama terkenal yang pernah hidup dan menyebarkan dakwah di daerah ini. Salah satunya yang bahkan sangat terkenal dan makamnya banyak didatangi oleh para peziarah dari luar daerah adalah Al-‘Alimul ‘Allamah As-Syech H. Ahmad bin Mufhti Syech H. Muhammad As’ad Al-Banjary, atau yang lebih dikenal masyarakat dengan sebutan Datu Balimau, sesuai nama kampung beliau dimakamkan yakni Desa Balimau. Kecamatan Kalumpang. Kabupaten HSS.

Sebagaimana kegiatan rutin, tahun ini kembali akan dilaksanakan Peringatan Haul Datu Balimau, yang kali ini sudah memasuki Haul Ke-187. Untuk itu Panitia Haul Datu Balimau, pagi ini bersilaturrahmi menemui Bupati HSS, Drs. H. Achmad Fikry, M.AP untuk melaporkan rencana pelaksanaan kegiatan ini. Bupati H. Achmad Fikry menyambut hangat kedatangan Panitia Pelaksana yang dipimpin langsung oleh Kepala Desa Balimau, Alamsyah. Turut mendampingi Kepala Bagian Kesra Setda HSS, H. Fajar Abdi, ST.(Senin, 26/09).

“Selain bersilaturrahmi, maksud kedatangan kami menemui pak Bupati adalah melaporkan persiapan kegitan haul tahun ini, sekaligus mengundang beliau untuk bisa berhadir saat pelaksanaan nanti” ungkap Alamsyah saat ditanya usai pertemuan.
Pria yang lebih akrab disapa Balimau Rasap ini juga menyampaikan rasa terkejut dan terima kasihnya kepada Bupati. Hal ini dikarenakan bahwa bukan hanya merespon positif dan menyatakan kesiapannya untuk hadir, H. Achmad Fikry bahkan secara spontan menitipkan bantuan dana yang pihaknya belum tau jumlahnya berapa.
Salah satu Tokoh Ulama Balimau, TGH. Maskur yang ikut pada silaturrahmi ini menyampaikan rasa bahagianya juga, karena ini merupakan kali pertama dirinya memasuki ruang kerja bupati.
“Kami atas nama masyarakat dan juriat Datu Balimau, mengucapkan terima kasih kepada pak Bupati yang telah menerima kami dan sangat mendukung rencana pelaksanaan Haul Datu Balimau ini. Ini tentu merupakan kebahagiaan tersendiri bagi warga Balimau, karena pak H. Achmad Fikry memang memiliki hubungan emosional yang sangat kuat dengan warga Balimau dan Kecamatan Kalumpang pada umumnya” ungkapnya sambil sedikit bercerita tentang bagaimana sosok H. Achmad Fikry dulu saat masih menjabat sebagai Camat Kalumpang.
Pelaksanaan Haul Datu Ahmad Balimau sendiri rencananya akan dilaksanakan pada pagi hari Sabtu, 15 Oktober 2022 atau bertepatan dengan 19 Rabi’ul Awwal 1444 H bertempat di Masjid Darussa’adah, Desa Balimau, yang akan dimulai pada pukul 08.30 WITA. Untuk mengantisipasi warga yang berdatangan, pihak Panitia sendiri akan melaksanakan Haul Khusus Keluarga & Relawan pada malamnya terlebih dahulu, bertempat di Makam Datu Balimau.
(Kominfo-HSS/AJP/26092022)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *