Uncategorized

MULAI HARI INI KOTA KANDANGAN AKAN MENJADI PUSAT PENILAIAN TIM ADIPURA

Tahun 2022 ini Kota Dodol Kandangan kembali berupaya untuk bisa meraih penghargaan bergengsi di bidang kebersihan dan keindahan kota, yakni Anugerah Adipura. Sehingga sejak jauh-jauh hari permasalahan terkait Adipura, menjadi fokus perhatian utama Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS). Dan pagi ini di ruang kerjanya, Bupati HSS Drs.H. Achmad Fikry,M.AP menerima kedatangan Tim Penilai Adipura, yang akan melakukan kegiatan pemantauan selama 3 hari ke depan, dimulai hari ini. (Jum’at, 02/09).

Rombongan Tim Penilai Adipura yang datang berkunjung ini beranggotakan 5 orang, didampingi oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman & Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) HSS, Ronaldy Putra, S.STP, M.Si.
Dalam pertemuan yang cukup singkat ini pihak Tim Penilai sekaligus meminta izin untuk memulai kegiatan pemantauannya di Kota Kandangan.
“Untuk titik pantau yang akan kami periksa ke lapangan hari ini, ada 24 titik plus 1, semoga bisa tercover semuanya. Fokus pemantauan kami adalah bagaimana menggiatkan kembali pengelolaan sampah dari sumbernya dan yang lebih kami prioritaskan adalah bagaimana pengelolaan sampah rumah tangga, sehingga seminimal mungkin dipilah dan diolah dulu, baru dikirim ke TPA” ungkap Widayati, Pejabat Fungsional Pengendali Dampak Lingkungan, Direktorat Penanganan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan RI, sebagai Ketua Tim.

Dalam kesempatan ini Bupati H. Achmad Fikry mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai di Bumi Rakat Mufakat. Secara garis besar dirinya mengungkapkan upaya dan strategi Pemerintah Daerah, dalam penanganan masalah kebersihan, khususnya pengelolaan sampah.
“Kita sangat memperhatikan masalah pengelolaan sampah ini. Salah satu upaya yang kami lakukan selain membuat regulasi, juga bentuk keteladanan para PNS yang ada di lingkup Pemerintah Daerah, dalam membuang, memilah dan memilih, serta memanfaatkan sampah yang masih bisa diolah. Selamat bekerja, dan kami berharap nanti masukan dari Tim, kalau memang masih ada terdapat kekurangan di lapangan” ungkapnya.

Bupati juga menyampaikan bahwa di lingkungan Pemkab sendiri untuk berbagai kegiatan seremonial sudah dibiasakan untuk ramah lingkungan, diantaranya dengan komitmen untuk tidak menggunakan kemasan minuman atau makanan berbahan dasar plastik.
Kunjungan Tim Penilai ini terbilang cukup singkat, karena mereka memang harus sudah melaksanakan tugas. Diakhir acara pertemuan ini dilakukan foto bersama. Adapun anggota Tim Penilai lainnya selain yang turut hadir, yakni Irwan Abu, Analis Lingkungan Hidup P3E Kalimantan Selatan. Nurul Fitri S.KM Kasi Pengelolaan Sampah Dinas LH Provinsi Kalsel dan Ir.H. Asbiani Pengendali Dampak Lingkungan Madya Dinas LH Provinsi Kalsel dan Nadya Maherwanda.
Usai menghadap Bupati HSS ini, Tim Penilai langsung memulai kegiatan pemantauannya, yang diawali dari lingkungan Sekretariat Daerah Pemkab HSS, dan dilanjutkan ke titik pantau lainnya. Sekedar diketahui sebelum wabah Covid-19 melanda Kota Dodol Kandangan sebelumnya telah pernah beberapa kali mendapatkan Anugerah Adipura, yakni Tahun 1996/1997, serta Adipura Buana untuk Tahun 2016 & 2017.
(Kominfo-HSS/AJP/02092022)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *