Uncategorized

MASJID BAANGKAT AS-SU’ADA SIMPUR , GILIRAN PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN SUBUH JUMAT BERKAH PEMKAB HSS

Gerakan Sholat Subuh Jumat Berkah yang kembali dilaksanakan oleh Pemkab Hulu Sungai Selatan, pagi ini digelar di Masjid As-Su’ada (Masjid Baangkat), Desa Wasah Hilir, Kecamatan Simpur. Acara ini dihadiri langsung oleh Bupati Drs.H. Achmad Fikry, M.AP beserta Sekretaris Daerah Drs. H.M. Noor dan beberapa Kepala Perangkat Daerah. (Jum’at, 19/08).

Sebagaimana biasa sehabis Sholat Subuh Berjamaah, acara dilanjutkan dengan Tausyiah yang disampaikan oleh TGH. Jamhari Muhdin, yang dalam tausyiahnya mengupas tentang keutamaan Sholat Subuh.

“Saking penting dan berharganya sholat subuh ini, sampai Rasulullah SAW mengatakan dalam haditsnya bahwa sholat sunnat 2 rakaat sebelum subuh, itu lebih berharga daripada dunia dan isinya. Kalau sunnatnya saja sudah seperti itu, bagaimana Fardhu Subuhnya” ungkapnya.

Sebelumnya Bupati H. Achmad Fikry dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kesediaan Pengurus Masjid As-Su’ada sebagai salah satu tempat pelaksanaan Gerakan Sholat Subuh Berjama’ah. Termasuk juga dukungan dari Dewan Masjid Indonesia dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) HSS.
“Gerakan Sholat Subuh Berjama’ah ini sudah lama dilaksanakan, hanya sesaat terhenti sejak wabah Covid melanda. Alhamdulillah, kita bisa laksanakan kembali. Ini kami programkan didasari bahwa pada saat subuh banyak diantara kita semua tidak ada kegiatan. Jadi tidak ada alasan kalau tidak bisa membiasakan Sholat Subuh berjama’ah” ungkapnya. Ditambahkan pula bahwa salah satu ciri orang beriman adalah bisa dilihat sejauh mana sholat subuhnya.
Dalam sambutannya Bupati juga mengingatkan tentang status bahwa Masjid As-Suada merupakan salah satu masjid yang telah ditetapkan menjadi bangunan Cagar Budaya, sehingga tidak boleh dirubah, harus sebagaimana aslinya, tetap baangkat atau bertiang.
Dirinya juga berpesan bahwa wabah Covid belum mereda seluruhnya, sehingga masyarakat tetap perlu waspada dengan menjaga daya tahan tubuh. Bagi yang belum melaksanakan tahapan vaksin agar bisa melakukannya segera sebagai antisipasi terhadap gejala Covid 19.
Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Kementerian Agama Kabupaten HSS dan Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten HSS.
(Kominfo-HSS/AJP/19082022)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *