Uncategorized

Konvergensi Integrasi Stunting di Kecamatan Angkinang

Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Kab. HSS) untuk menurunkan angka stunting di Kab. HSS dengan meningkatkan kerjasama atau konvergensi di setiap tingkatan mulai dari RT, RW, Posyandu, Desa, dan Kecamatan, dengan tujuan agar stunting di Kab. HSS semakin menurun dan tidak ada lagi balita stunting di Kab. HSS.
Kamis, (14/07) di Aula Kantor Kecamatan Angkinang, Pemerintah Kab. HSS melalui Dinas Kesehatan melaksanakan pertemuan konvergensi (Koordinasi, Intervensi dan Integrasi) penanganan stunting. Pertemuan ini merupakan komitmen Pemkab HSS dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kab. HSS.

Narasumber pada pertemuan ini adalah Pengelola Program Gizi Dinas Kesehatan Kab. HSS Yusita Kartini, S.ST dan Anggota Pokja IV TP-PKK Kab. HSS Syaira Kausari, SKM. Peserta berjumlah 40 orang terdiri dari 1 orang Ketua TP-PKK Kecamatan, 11 orang Ketua TP-PKK Desa, 11 orang kader PKK, 2 orang TPG Puskesmas, dan 11 orang KPM.
Dalam sambutan Camat Angkinang yang dibacakan Sekretaris Camat Rodi Bastian, S.Pd, mengharapkan agar para peserta dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan baik dan sungguh-sungguh sehingga diperoleh ilmu dan pengetahuan dalam penanganan stunting.

Beliau juga mengharapkan peran aktif dari KPM, PKK Desa, dan Kader PKK dalam penanganan stunting dengan mengajak partisipasi masyarakat dan lembaga serta berkoordinasi dengan pelaku program dan lembaga lainnya seperti bidan desa, petugas puskesmas, guru PAUD, kader posyandu, dan aparat desa.
Pada pertemuan itu, turut diserahkan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi balita stunting, ibu hamil Kekurangan Energi Kronis (KEK) dengan asupan makanan yang seimbang.
Untuk diketahui, stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita yang disebabkan karena kekurangan gizi kronis, sehingga anak terlalu pendek untuk seusianya. Karenanya Presiden RI memberi perhatian khusus untuk pencegahan stunting dengan menjadikan pencegahan stunting menjadi prioritas nasional.
(Kominfo-HSS/Agtf/14072022)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *