Uncategorized

PUNCAK KEMERIAHAN FESTIVAL LOKSADO TAHUN 2022 DITUTUP DENGAN KEGIATAN BAMBOO RAFTING

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP, didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP, MA, dan Sekretaris Daerah Kabupaten HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP menghadiri acara puncak Festival Loksado Tahun 2022 di Alam Roh Tujuh Resort, Desa Lok Lahung, Kecamatan Loksado. Minggu (26/06/22).

Mengusung tema “When Nature Meets Culture” acara puncak Festival Loksado Tahun 2022 ini berlangsung sangat meriah dengan dilaksanakannya Bamboo Rafting (Balanting) yang dimulai dari Alam Roh Tujuh Resort dan berakhir di Cottage Gunung Kantawan.

Sebelum Bamboo Rafting dilaksanakan, terlebih dahulu acara dibuka dengan Tarian Maharak Adat yang dipersembahkan oleh Sanggar Posko La-Bastari Kandangan sebagai tanda sambutan selamat datang kepada seluruh tamu undangan.

Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, serta Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), dan para tamu undangan yang hari ini telah bersedia hadir memeriahkan acara puncak Festival Loksado Tahun 2022.
“Kami juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berperan penting dalam mensukseskan acara Festival Loksado Tahun 2022 ini”, ucapnya.
Lebih lanjut Bupati HSS menuturkan, penyelenggaraan Festival Loksado telah tertunda selama 2 (dua) tahun dikarenakan situasi Pandemi Covid-19.
“Setelah situasi Pandemi Covid-19 saat ini sudah mulai landai, alhamdulilah kita bisa kembali menggelar acara Festival Loksado, namun tentu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan”, tuturnya.
Bupati HSS mengharapkan di tahun-tahun yang akan datang Festival Loksado bisa terus diselenggarakan.
“Kami tentu mengharapkan saran dan masukan dari bapak-ibu sekalian, untuk perbaikan-perbaikan Festival Loksado yang akan datang. Yang pasti kita ingin menampilkan objek wisata Loksado, salah satunya wisata Bamboo Rafting yang hari ini kita selenggarakan”, harapnya.
Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang mana dalam hal ini diwakili oleh Direktur Event Daerah, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Drs. Reza Fahlevi, M.Si, dalam sambutannya mengapresiasi Kabupaten HSS yang telah berhasil mensukseskan Festival Loksado Tahun 2022 ini.

“Festival Loksado ini termasuk kedalam Kharisma Event Nusantara Tahun 2022, dan hal itu tentu menjadi kebanggaan bagi kita semua, karena dari ratusan event yang mengikuti seleksi, hanya 110 (seratus sepuluh) event yang berhasil masuk ke Kharisma Event Nusantara Tahun 2022, salah satunya Festival Loksado ini”, ucapnya.

Drs. Reza Fahlevi, M.Si juga mengatakan bahwa event menjadi salah satu strategi yang cukup efektif dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya.
“Maka oleh sebab itu, potensi alam dan budaya yang sangat luar biasa yang dimiliki Loksado harus kita jaga sebaik-baiknya. Mari kita wujudkan Loksado sebagai destinasi unggulan yang dimiliki Kabupaten HSS dan Provinsi Kalsel”, pesannya.
Dalam kesempatan tersebut Gubernur Provinsi Kalsel yang mana dalam hal ini diwakili oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalsel H. Heriansyah, M.Si dalam sambutan tertulis Gubernur Provinsi Kalsel mengajak kepada seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan, untuk terus selalu menjaga dan meningkatkan mepotensi-potensi yang dimiliki Pegunungan Meratus salah satunya destinasi wisata Loksado.
“Wisata yang dimiliki Loksado telah menjadi kebanggaan bagi kita semua, keindahan alam yang disuguhkan serta kekayaan budaya yang dimiliki Pegunungan Meratus mampu memikat wisatawan lokal maupun internasional, tentu ini menjadi tugas kita semua untuk terus bisa menjaga Pegunungan Meratus sehingga kedepannya kita mampu terus meningkatkan potensi-potensi alamnya”, ajaknya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *