Uncategorized

PEMKAB HSS MENGIKUTI RAPAT KOORDINASI NASIONAL PENGAWASAN INTERN PEMERINTAH TAHUN 2022 SECARA VIRTUAL

Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M. AP diwakili oleh Inspektur Kab.HSS Ir. H. Rusmajaya, M.T didampingi Thanthawi Jauhari, A.K.S, MPSSP Inspektur Pembantu Wilayah IV mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Pemerintah (Wasin) Tahun 2022 secara virtual bertempat di Media Center Kab.HSS, pada Selasa (14/6/2022).

Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern (Rakornas Wasin) adalah event tahunan yang digagas BPKP , dimana pemerintah, baik pusat maupun daerah, serta seluruh APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah), membahas bersama isu-isu terkini terkait pengawasan intern.
Rakornas yang bertajuk “Kawal Produk Dalam Negeri Untuk Bangsa Mandiri” dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Istana Kepresidenan.


Dalam sambutan Presiden RI menyampaikan beberapa arahan terkait pengawasan untuk ditindak lanjuti oleh seluruh petugas pengawas dan seluruh kepala daerah dengan memperhatikan kondisi yg terjadi saat ini dimana hampir seluruh daerah mengalamai ancaman inflasi. Oleh sebab itu, perlu untuk dipersiapkan kebutuhan pangan dan energi dalam jumlah besar dengan mengoptimalkan semua sumber daya yg dimiliki.
Beliau juga menghimbau agar dari pemerintah pusat sampai ke daerah, dalam proses pengelolaan APBN dan APBD harus memperhatikan 3 hal yakni:
1. Harus menciptakan nilai tambah
2. Dapat membangkitkan pertumbuhan kkonomi dalam negeri
3. Pengelolaan keuangan secara efisien, pembelanjaan dari APBN dan APBD harus dioptimalkan pada belanja hasil produksi rakyat (produk dalam negeri), semua produk lokal dalam daerah harus di masukan dalam E-Katalog lokal dan harus di kawal serta diawasi oleh APIP.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *