Uncategorized

PEMKAB HSS GELAR FORUM PERANGKAT DAERAH, SEKDA : PROGRAM DAN KEGIATAN PRIORITAS PADA RKPD DAN RENJA HARUS SELARAS DENGAN ARAH PEMBANGUNAN TAHUN 2023

Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Kandangan, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan melalui Badan Perencanaan Pengembangan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Bappelitbangda Kab. HSS) menggelar Forum Perangkat Daerah dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran dalam rancangan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah. Senin (07/03/2022).
Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kab. HSS dan dihadiri oleh Anggota DPRD Perwakilan Dapil III Nagara Husnan S,AG, Kepala OPD Kab HSS, Camat, Pejabat Teknis OPD, dan Delegasi Desa.
Kepala Bappelitbangda M Arlian Syahrial, M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa Kepala OPD harus lebih memperhatikan dan menekankan terhadap upaya dan cara untuk memperoleh hasil yang diprioritaskan tersebut, karena dari beberapa indikator makro yang telah dicapai pada kesempatan ini yang harus lebih diprioritaskan yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) didalamnya ada angka rata -rata lama sekolah, angka harapan lama sekolah dan umur harapan hidup serta pengulangan perkapita yang ada di masyarakat.
Pembahasan usulan ini juga meliputi prioritas kecamatan termasuk didalamnya adalah pokok – pokok pikiran DPRD.
M Arliyan Syahrial juga mengatakan hasil kesepakatan Forum Perangkat daerah ini akan menjadi bahan untuk penyempurnaan Rancangan Renja Perangkat daerah Tahun 2023.
Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kab. HSS Drs. H. Muhammad Noor menyampaikan bahwa berdasarkan permendagri nomor 86 tahun 2017, forum perangkat daerah yang dilaksanakan ini untuk memperoleh masukan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program dan kegiatan, serta lokasi dan kelompok sasaran dalam rancangan rencana kerja perangkat daerah.
“Forum perangkat daerah merupakan bagian dari tahapan penyusunan perencanaan pembangunan daerah untuk menentukan prioritas program dan kegiatan pembangunan yang dituangkan dalam renja perangkat daerah dan bermuara pada rencana kerja pembangunan daerah atau RKPD dan rancangan anggaran pendapatan belanja daerah (RAPBD),” ucapnya
Ditambahkannya lagi, forum ini juga untuk membahas usulan prioritas kecamatan dan mempertajam Rencana Kerja Perangkat Daerah, yang termasuk di dalam memenuhi pendekatan bottom-up dalam proses perencanaan pembangunan daerah dan perangkat daerah juga dimaksudkan agar kiranya perencanaan pembangunan semakin terarah dan terukur, dengan memperkuat indikator kinerja setiap program/kegiatan, kemudian menetapkan target capaian yang jelas serta logis dan mampu dilaksanakan, baik pencapaian target tahunan maupun jangka menengah lima tahunan.
Sekda juga mengingatkan bahwa dalam rangka menentukan program dan kegiatan, prioritas pada RKPD dan Renja harus selaras dengan arah pembangunan serta fokus sasaran pembangunan tahun 2023, sedangkan fokus pembangunan yaitu meliputi usaha mikro/kecil dan industri kecil, investasi hilirisasi industri, pariwisata, dan pertanian, kesehatan, pendidikan dan keterampilan juga penanganan bencana & kelestarian lingkungan hidup.
Sekda HSS berharap untuk bisa disiplin waktu sehingga RKPD ini selesai tepat waktu, sebelum tanggal 31 maret sudah harus kita laporkan ke KPK melalui program Monitoring Center for Prevention (MCP), selain itu juga harus selesai tanggal 31 maret yaitu terkait dengan standar satuan harga, ini harus menjadi perhatian kita semua, agar betul – betul di ikut.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *