Uncategorized

Bupati H. Achmad Fikry Menerima 11 Dokter Muda yang Akan Internship di Kab. HSS

Kabupaten Hulu Sungai Selatan kembali kedatangan 11 Dokter Muda yang tergabung dalam Program Internship Dokter Indonesia (PIDI). 11 dokter muda akan mengabdi selama satu tahun, 8 bulan di RSUD Brigjend Hasan Basry Kandangan, 4 bulan di Puskesmas Negara dan Puskesmas Bayanan. 11 dokter muda ini berasal dari Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Hasanuddin Makassar dan Universitas Cendrawasih Jayapura.
Dokter Muda di sambut langsung oleh Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr. Hj. Siti Zainab, M.Kes di Aula Ramu Setda, Rabu (23/02).
Bupati HSS H. Achmad Fikry mengucapkan selamat datang kepada 11 dokter muda yang akan melaksanakan magang di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Bupati juga mengatakan, selama bekerja di rumah sakit maupun puskesmas, tentunya akan mendapat banyak penugasan, tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman yang banyak dan berharga sehingga bisa melaksanakan tugas seorang dokter ke depannya dimanapun berada.
Program Internship Dokter Indonesia (PIDI) merupakan salah satu upaya pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia khususnya di bidang kesehatan.
Magang adalah Proses Pemantapan Mutu Profesi Dokter untuk Menerapkan Kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan.
Program magang diikuti oleh para dokter yang diwajibkan oleh World Federation of Medical Education, lembaga pendidikan dokter yang berada di bawah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Karena dalam kurikulum pendidikan dokter berbasis kompetensi, masa pendidikan dokter dipersingkat menjadi 5,5 tahun. Untuk itu, program magang ini dianggap perlu sebagai pemahiran dokter muda.
(Kominfo-HSS/Agtf/23022022)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *