Uncategorized

KHATAMAN AL-QUR’AN RUTIN MINGGUAN

Sejak 3 Januari 2019 dicanangkan Gerakan membaca Al-Qur’an lima menit sebelum bekerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah Program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS). Program tersebut guna mewujudkan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati periode 2018-2023, Menuju Kabupaten HSS yang Cerdas, Inovatif, Teknologis dan Agamis untuk Mewujudkan Masyarakat yang Sejahtera Dunia dan Akhirat.‎
Adapun kegiatan ini, sudah menjadi amalan yang rutin setiap hari jumat diadakan khataman Al-Qur’an, kali ini memasuki jumat pertama dibulan Januari 2022. Kegiatan Batamat atau khataman terus di Iaksanakan di Musholla As Syifa Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten HSS. Seperti biasanya, Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, S.AP, MA, dan Sekretaris Daerah Drs. H Muhammad Noor M.AP serta jajaran pejabat di sekretariat daerah menjadi peserta yang melaksanakan khataman (batamat) tersebut.
Khataman Pemkab HSS ini terlaksana sekali dalam seminggu, jajaran Sekretariat Daerah menyelesaikan membaca Al Qur’an 30 juz, dengan sistem pembagian juz yang harus dibaca. Hingga masuk juz 30, dibaca secara bergantian dari surah pendek (dhuha) hingga surah Annas dilanjutkan ke surah AI baqarah.
Dalam Alquran surat AI Isra ayat 28 pun memberikan penjelasannya : “Dan Kami turunkan dari AI-Qura’n (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (AI-Qur’an itu) hanya akan menambah kerugian.
Rasulullah SAW bersabda : Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi sepuluh kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan Alif Lam Mim sebagai satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)
Begitu istimewanya Kitab Suci Al-Qur’an ini, membaca satu huruf saja sudah bernilai pahala bagi orang yang membacanya. Maka, kerugian yang besar jika tidak mau membacanya.
Semoga dengan berkat kemuliaan Kitab Suci Al-Qur’an,”visi dan misi Kabupaten HSS menuju HSS yang Cerdas, Inovatif, Teknologis dan Agamis, untuk Mewujudkan Masyarakat yang Sejahtera Dunia Akhirat dapat terwujud serta pandemi covid 19 yang tengah melanda dunia, termasuk di Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini segera berakhir. . Aamiin Yaa Rabbal’alamin…

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *