Uncategorized

ANTUSIAS WARGA DESA MADANG IKUTI “PELAYANAN KB GRATIS”

Sebagai upaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Kab. HSS bekerjasama dengan TP. PKK Kab. HSS dan Kodim 1003 HSS menggelar Bakti Sosial Pelayanan KB Gratis. Bertempat di desa Madang, Kecamatan Padang Batung. Pada Selasa (26/10/2021).
Pelayanan KB Gratis ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia tahun 2021 yang diperingati setiap tanggal 26 September, juga Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan serta TNI Manunggal KB-Kesehatan (TMKK).
Pada Pelayanan KB Gratis ini terdapat dua jenis metode yang digunakan, yaitu metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) seperti implan atau susuk dan metode kontrasepsi jangka pendek yang terdiri dari pil KB dan suntikan KB. Yang tujuannya untuk meningkatkan kesadaran akan penggunaan kontrasepsi dan memberikan pilihan untuk pasangan muda mengenai kesehatan seksual dan reproduksi mereka.
Selain itu juga terdapat layanan yang diberi nama “Kendaraan Antar Jemput Akseptor”, yaitu pelayanan dengan metode jemput bola kepada masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan KB gratis. Masyarakat lansung di jemput dsri rumah oleh petugas Puskesmas, ataupun Anggota TNI yang sedang bertugas untuk selanjutnya langsung diantarkan ke lokasi Pelayanan KB gratis. Hal ini tentu sangat memudahkan masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan namun terkendala masalah transportasi atau sebagaimana.
Hj. Nurhatini Ulfah, SKM selaku Kabid KB Dinas PPKBPPPA Kab. HSS dalam wawancaranya mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendekatkan pelayana ke masyarakat. Beliau juga menjelaskan syarat yang disiapkan untuk mendapatkan pelayanan ini sangat mudah, yaitu hanya dengan KTP yang berlaku.
“diharapkan semua pasangan usia subur disini dapat merasa terlayani dengan adanya Pelayanan KB Gratis ini. Kami berharap kerjasama dari masyarakat agar pelayanan ini dapat berjalan setiap waktu, dan kami siap melayani.” ungkapnya.
Sementara itu, Sersan I Zainurrahmi selaku Bati Bhakti Kodim 1003 HSS dalam kesempatannya mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan KB Gratis ini bertujuan untuk menciptakan alat juang yang tangguh. “diharapan dengan kegiatan KB-Kesehatan ini terwujud generasi-generasi yang berkualitas, dan diharapkan dapat bersaing dengan bangsa lain sebagai alat pertahanan negara.” harapnya.
Rosida, salah seorang warga desa Madang yang ikut serta dalam Pelayanan KB Gratis ini mengucapkan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang terlibat dalam pelayanan ini, dan beliau berharap pula semoga bermanfaat kepada masyarakat.
“pelayanan ini membantu masyarakat yang kurang mampu, membantu kegiatan perempuan dan mempermudah para Ibu-Ibu untuk mendapatkan KB.” tambahnya.
Selain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penggunaan kontrasepsi dan mengupayakan generasi muda untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan reproduksi dan kesehatan seksual, Pelayanan KB Gratis ini dilaksanakan juga untuk memberikan akses pelayanan ke masyarakat sehingga tidak perlu jauh-jauh datang ke pusat layanan KB.
(KOMINFO/HSS/fsr/2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *