Uncategorized

BUPATI & WABUP SAKSIKAN PENENTUAN ARAH KIBLAT MASJID ISLAMIC CENTER

Islamic Center yang direncanakan akan menjadi Pusat Kegiatan Keagamaan Dan Wisata Religi di Hulu Sungai Selatan (HSS), kini sudah memasuki tahap pembangunan untuk masjid induk. Pembangunan mulai dilaksanakan beberapa bulan silam diawali dengan pemasangan tiang pancang, hingga kini terus berjalan dengan pengecoran lantai dasar atau basement. Selain pembangunan fisik secara teknis sebagaimana masjid pada umumnya, maka perlu dilakukan pula penentuan arah kiblat, karena ini akan sangat menentukan dalam fungsinya sebagai tempat ibadah bagi umat muslim yaitu sholat.
Walaupun lokasi pembangunan sangat becek akibat guyuran hujan pada sore kemarin, namun tidak mengurungkan niat dan semangat Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, MAP dan Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, SAP, MA untuk hadir menyaksikan secara langsung jalannya proses pengukuran dan penentuan arah kiblat untuk masjid Islamic Center, yang berada di kawasan Tugu Bundaran Ketupat, Hamalau, Kandangan pada pagi ini (Senin, 21/06).
Pengukuran dilakukan oleh pihak Kementerian Agama HSS didampingi beberapa pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) HSS, serta dihadiri langsung oleh Ketua Umum MUI, TGH. Muhammad Ridwan Basri (Guru Kapuh).
Bupati H. Achmad Fikry mengucapkan terima kasih kepada pihak Kementerian Agama yang telah melakukan pengukuran hari ini. “Kita sangat bersyukur hari ini telah dapat dipastikan bahwa pembangunan masjid di Kompleks Islamic Center ini sudah sesuai arah kiblatnya. Ini perlu kita pastikan karena sangat berhubungan dengan pekerjaan selanjutnya yakni pemasangan keramik di lantai dasar yang nanti akan menjadi acuan pelaksanaan sholat,” ungkap Bupati.
Sementara Guru Kapuh yang ikut menyaksikan secara langsung kegiatan ini, menyampaikan bahwa kegiatan kali ini ingin memastikan kembali posisi kiblat setelah dilakukan pengecoran lantai. “Sebenarnya pengukuran sudah dilakukan pada saat awal pembangunan, namun kita perlu ukur ulang kembali untuk memastikan kalau-kalau ada terjadi pergeseran selama pembangunan berlangsung. Alhamdulillah, kita sudah pastikan bahwa arah kiblat tetap sebagaimana semula, sehingga akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang nanti melaksanakan ibadah di tempat ini,” ungkap Beliau.
Turut hadir pada kegiatan ini Kepala Kementerian Agama Drs. Saribuddin, M.Pd, Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra, beberapa Kepala OPD dan Kepala Bagian lingkup Pemkab HSS, Kepala Proyek Pembangunan dan para wartawan.
(Kominfo-HSS/AJP/21062021)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *