Uncategorized

Bupati H. Achmad Fikry Resmikan RTH Datu Durabu, Warga Kecamatan Kalumpang Punya Tempat Santai

===========================================
Kabar gembira bagi masyarakat Kecamatan Kalumpang, karena tidak perlu jauh-jauh ke kota Kandangan untuk mencari lokasi bersantai bagi keluarga yang dilengkapi dengan taman bermain anak, karena Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP telah membuka secara resmi Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Taman Bermain Anak Datu Durabu Kalumpang yang terletak tepat di seberang Kantor Kecamatan Kalumpang, Senin (11/05).
Peresmian fasilitas publik dengan luas 580m2 ini, dilakukan langsung oleh Bupati HSS H. Achmad Fikry yang ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti.
Dijelaskan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) Ronaldy Prana Putra, SSTP, M.Si, nama RTH ini diambil dari salah satu tokoh masyarakat, berdasarkan pertimbangan dari tokoh masyarakat dan dari kecamatan, yang kemudian diusulkanlah nama Datu Durabu dengan biaya pembangunan sekitar 496 juta rupiah pada tahun anggaran 2020.
“Pembangunan RTH ini merupakan yg ke10 di Kecamatan, jadi tersisa 1 Kecamatan yaitu Loksado yang belum ada RTH karena keterbatasan tanah, nantinya jika tanah sudah didapatkan, maka di Loksado pun akan memiliki RTH,” ungkapnya.
RTH yang sangat representatif ini merupakan komitmen dari Bupati HSS yang direalisasikan oleh Dispera KPLH untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat bersantai keluarga yang nyaman dan mempu membuat pikiran relax dengan pemandangannya yang serba hijau.
Bupati HSS H. Achmad Fikry dalam wawancaranya mengatakan hari ini kembali meresmikan Ruang Terbuka Hijau sekaligus taman bermain di Kecamatan Kalumpang yang diberi nama Datu Durabu. Ini adalah upaya pemerintah untuk memberikan fasilitas publik yang maksimal bagi masyarakat di Kab. HSS.
“Karena disini tempatnya sangat strategis dipinggir jalan dan banyak pohon juga, mudah-mudahan masyarakat lebih nyaman beristirahat dan bersantai disini. Inilah wujud perhatian pemerintah untuk menyiapkan ruang-ruang terbuka bagi masyarakat yang bisa memanfaatkan untuk bersantai bersama keluarga dan anak-anak bermain,” ucapnya.
Kedepan Bupati berharap akan terbangun 1 RTH lagi yakni di Kecamatan Loksado, sehingga nantinya seluruh kecamatan akan memiliki RTH dan taman bermain untuk masyarakat bersantai.
Tidak lupa pula Bupati berpesan kepada masyarakat, ketika bersantai di RTH ini untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan tetap memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, karena di RTH ini pun sudah disediakan tempat cuci tangan serta sabun, jadi ketika pengunjung datang maka mencuci tangan terlebih dahulu.
Hadir dalam acara itu, Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, S.AP, MA, Sekda Drs. H. Muhammad Noor, M.AP, Kabag PBJ, Kabag Prokopim, Kabid KIP Dinas Kominfo, Camat Kalumpang, Forkopimcam, tokoh masyarakat dan lainnya.
(Kominfo-HSS/Agtf/11052021)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *