Uncategorized

Siap Tanggap Darurat, HR Rescue Malutu Dikukuhkan

Minggu pagi ini (11/04), Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, S.AP, MA terlihat sangat bersemangat hadir di Villa HR Seribu Bunga Desa Malutu Kecamatan Padang Batung. Kehadirannya ini telah ditunggu para relawan yang juga terlihat sangat antusias dan tak sabar karena Wabup hadir di sana untuk pengukuhan mereka, yaitu para relawan yang tergabung dalam Himpunan Relawan (HR) Rescue Malutu.
Wakil Bupati sangat mengapresiasi dan menghargai niat, semangat dan empati mereka para relawan yang disampaikannya saat wawancara di akhir kegiatan. Dijelaskannya juga bahwa pengukuhan hari ini adalah bagian dari kesepakatan masyarakat Desa Malutu yang dimotori oleh Ayahanda H. Riduan yang pada prinsipnya adalah masyarakat disini ingin berpartisipasi didalam persoalan kebencanaan dan kemanusiaan, dan ini adalah hal yang patut dihargai.
Lebih lanjut sebagai dukungan Pemerintah Daerah, Wabup menjelaskan berkenaan dengan bantuan, nanti apa yang menjadi kebutuhan disini harus diusulkan.
“Nanti ada dari BPBD programnya seperti apa bisa dikomunikasikan. Yang paling utama adalah pendalaman materi berkenaan persoalan kebencanaan, jadi mungkin nanti ada pelatihan dan semacamnya,” lanjutnya.
“Kami berharap HR Rescue Malutu ini menjadi bagian penting dalam kegiatan proses pembangunan di Hulu Sungai Selatan khususnya bidang kemanusiaan, karena bagaimanapun sekarang ini sering terjadi bencana,” harap Wabup kemudian. Relawan adalah orang yang dalam hidupnya benar-benar merelakan waktu, materi dan tenaga bagi yang membutuhkan tanpa mengharap imbal balik dari siapapun.
Sedangkan dalam laporan Wakil Ketua I Rescue Malutu Hendrayani, dijelaskannya jika pelaksanaan pengukuhan ini berdasarkan hasil musyawarah mufakat bersama aparat desa, tokoh masyarakat, dan para pemuda Desa Malutu pada hari Selasa tanggal 23 Februari 2021 di Villa HR H. Riduan. Sebagai upaya respon tanggap darurat desa dalam menghadapi musibah bencana, maka telah disepakati untuk membentuk kelompok rescue yang diberi nama “Himpunan Relawan Rescue Malutu”.
“Tujuan pembentukan Kelompok HR Rescue Malutu ini adalah untuk memberikan bantuan, pertolongan, penyelamatan bila terjadinya suatu musibah atau bencana khususnya di Desa Malutu sendiri ataupun daerah lainnya yang memerlukan bantuan rescue. Dan juga sebagai tim gerak cepat untuk kegiatan bidang sosial mayarakat positif lainnya yang dilakukan di Desa Malutu Kecamatan Padang Batung,” jelasnya.
Dengan jumlah anggota sebanyak 68 orang, pengurus HR Rescue Malutu akan menjabat selama 5 tahun dari 2021-2026, dimana Pembina HR Rescue Malutu adalah Wakil Bupati HSS dan Pelindungnya adalah Camat Padang Batung, Kapolsek, serta Danramil.
Pengukuhan ini juga dihadiri Kepala Pelaksana BPBD H. Syamsudin, S.IP, Camat Padang Batung Heri Utomo, SSTP, Pemilik Villa HR H. Riduan, dan seluruh undangan.
(Kominfo-HSS/Agtf/11042021)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *