Uncategorized

Resmikan RTH Palataran Kandangan, Bupati : Penataan Lingkungan Diprioritaskan

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kab. HSS terus berbenah, memoles dan mempercantik Kab. HSS terutama di perkotaan serta daerah pasar, yang direalisasikan dengan peresmian Ruang Terbuka Hijau (RTH) Palataran Pasar Kandangan, Jumat (09/04).
Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP meresmikan langsung RTH yang diberi nama Palataran Pasar Kandangan, dan juga berbincang dengan para pedagang lamang di palataran.
Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kawasan pasar seluas 50m2 berfungsi sebagai tempat bersantai bagi masyarakat dengan desain berbentuk jajar genjang atau mirip ketupat Kandangan yang merupakan khas Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
Sama seperti ketupat Kandangan, lamang merupakan kuliner khas Kab. HSS yang banyak diminati orang. Maka dari itu, RTH ini diperuntukkan untuk pedagang lamang agar para penikmat kuliner bisa dengan mudah membeli lamang di sekitaran kota Kandangan.
Bupati HSS H. Achmad Fikry menjelaskan pembangunan RTH ini dibangun agar setiap sudut yang dirasa kumuh dapat menjadi lebih baik dengan dibangunnya RTH seperti ini.
“Fungsinya adalah untuk palataran, bagi para penjual lamang boleh jualan disini, ataupun jualan ditempat sebelumnya juga tidak masalah. Ini memanfaatkan pojok yang kemaren tidak tertata dengan baik,” ucapnya.
Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa khas lamang daerah kita besar bumbungnya, kalau daerah lain agak kecil, jadi untuk harga relatif sesuai rasa. Untuk pedagang sendiri ada kesepakatan jam operasionalnya, jadi para pedagang akan bergantian, sehingga tempat ini tidak kumuh lagi.
Kabid Bina Marga Dinas PUTR Isnaniah mengungkapkan bahwa nama Palataran Pasar Kandangan diambil karena RTH ini berada dibagian depan pasar. Dengan dana menghabiskan biaya 450juta rupiah yang bersumber dari APBD perubahan tahun 2020, RTH ini diperuntukkan kepada pedagang lamang, dan ada juga desain bola-bola didepan yang difungsikan untuk tempat duduk, jadi ketika orang ingin beristirahat atau menikmati lamang bisa duduk disana.
Acara peresmian RTH Palataran Pasar Kandangan ini dikemas dengan disediakannya lamang gratis bagi masyarakat.
Diharapkan RTH ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat bersantai keluarga yang nyaman, tapi juga diharapkan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga RTH ini sehingga fasilitas publik yang dibangun dapat terus awet.
(Kominfo-HSS/Agtf/09042021)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *